Salman Rushdie Ditikam di Atas Panggung Ketika Akan Jadi Pembicara di Institusi Chautauqua

- 13 Agustus 2022, 16:39 WIB
Ilustrasi Salman Rushdie ditikam ketika akan jadi pembicara/
Ilustrasi Salman Rushdie ditikam ketika akan jadi pembicara/ /pexels.com/Nikolay Osmachko/

KABAR BESUKI -  Penulis Salman Rushdie dibantu oleh orang-orang setelah dia ditikam di atas panggung sebelum pidatonya yang dijadwalkan di Institusi Chautauqua, Chautauqua, New York, AS, 12 Agustus 2022.

Sebelum Salman Rushdie tiba pada hari Jumat (12 Agustus), retret pedesaan New York dimana penulis akan berbicara telah mengatur kehadiran penegak hukum di kuliahnya, mengingat bahwa keamanan mungkin diperlukan untuk seorang pria yang menghadapi ancaman pembunuhan.

Institusi Chautauqua, merupakan surga di barat negara bagian tempat para penulis dan seniman berkumpul setiap musim panas, bukanlah jenis tempat di mana orang mengkhawatirkan keselamatan mereka. Anggota penonton mengatakan tidak ada pemeriksaan tas, detektor logam atau keamanan lainnya untuk memasuki acara di komunitas yang terjaga keamanannya.

Baca Juga: Ramalan Shio Kuda, Kambing, Monyet, Ayam, Anjing, dan Babi Besok Hari Minggu 14 Agustus 2022

Namun sebelum jam 11 pagi, saat Salman Rushdie bersiap untuk memimpin diskusi tentang kebebasan artistik, ratusan hadirin menyaksikan dengan ngeri ketika seorang pria New Jersey berusia 24 tahun bergegas ke panggung dan menikam Salman Rushdie di leher dan dada.

Polisi mengungkapkan tidak ada indikasi motif serangan yang menyebabkan sang penulis terluka parah dan menggunakan ventilator setelah operasi.

Salman Rushdie merupakan seorang kritikus agama, meskipun mengetahui bahwa dia berisiko diserang oleh fundamentalis dan pendukung penuh semangat para politisi tersebut.

Dia menghabiskan bertahun-tahun bersembunyi setelah Ayatollah Ruhollah Khomeini Iran pada tahun 1989 mengeluarkan fatwa, atau perintah agama, menyerukan umat Islam untuk membunuhnya setelah penerbitan novelnya, The Satanic Verses, yang menurut beberapa Muslim berisi bagian-bagian yang menghujat.

Baca Juga: Ramalan Shio Besok Hari Minggu 14 Agustus 2022: Tikus, Sapi, Ular, Naga, Kelinci, dan Harimau

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Channel News Asia


Tags

Terkait

Terkini

x