Mahfud MD Akui Data Negara Dibobol Hacker: Tapi Belum Ada yang Membahayakan

- 12 September 2022, 19:42 WIB
Mahfud MD Akui Data Negara Bocor
Mahfud MD Akui Data Negara Bocor /Twitter/ @PolhukamRI dan @darktracer_int/

KABAR BESUKI – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD membenarkan adanya kebocoran data pemerintah yang dilakukan oleh hacker atau peretas.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Mahfud MD saat menerima laporan dari Komnas HAM dan Komnas Perempuan terkait kasus pembunuhan Brigadir J.

Kendati demikian, Mahfud MD mengatakan bahwa kasus kebocoran data negara yang saat ini tengah ramai diperbincangkan publik tidak terkait dengan data-data rahasia milik negara Republik Indonesia.

Baca Juga: Kecelakaan Maut Mobil Pick Up vs Honda Scoopy di Kalibaru Banyuwangi, 1 Korban Meninggal Dunia

“Soal bocornya data negara, saya pastikan bahwa itu memang terjadi, saya sudah dapat laporannya dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), kemudian dari analisis Deputi VII Kemenko Polhukam terjadi disini-sini,” kata Mahfud MD seperti dikutip Kabar Besuki dari Antara.

“Tetapi itu bisa sebenarnya bukan data yang sebetulnya rahasia,” imbuhnya.

Mahfud MD mengatakan bahwa data yang bocor itu bukanlah rahasia. Pasalnya, data tersebut bisa didapat dari berbagai sumber.

Dengan demikian, menurut Mahfud MD kasus kebocoran data tersebut belum membahayakan data negara karena data-data yang dibocorkan ke publik justru merupakan hal-hal yang sudah diberitakan di Koran-koran.

Baca Juga: Gudang JNE di Depok Kebakaran, Pemicunya Diduga Akibat dari Korsleting Listrik

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: antaranews.com


Tags

Terkait

Terkini

x