Bakal Buka Lowongan Kerja, Bupati Banyuwangi Cek Pembangunan Pabrik Kereta

- 5 Agustus 2020, 13:42 WIB
/

KABAR BESUKI - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengunjungi lokasi pembangunan pabrik kereta api terbesar di Asia, PT Steadler INKA Indonesia (SII), di Kecamatan Kalipuro, Selasa (4/8/2020).

Anas yang datang langsung ke pabrik yang tak jauh dari Pelabuhan Ketapang ingin memastikan, keberadaan industri yang tahun depan beroperasi itu bisa menjadi pendorong pemulihan ekonomi di Banyuwangi setelah dampak dari pandemi Covid-19.

Dilansir KabarBesuki dari banyuwangikab.go,id, ”Alhamdulillah, industri kereta api ini kembali berjalan terus, setelah sempat tertunda karena pandemi. Dari penjelasan manajemen PT INKA, pembangunan fisik tuntas Oktober 2020, lalu dilanjutkan instalasi mesin, uji operasi, commissioning, ditargetkan beroperasi tahun depan,” ujar Anas.

Baca Juga: Gubernur Jatim Ajak UMKM Manfaatkan Pinjaman dari Bank Jatim dan UMKM Jatim

”Ini akan membuka lapangan kerja, menggerakkan ekonomi lokal, dan mempercepat pemulihan ekonomi warga Banyuwangi,” imbuh Anas.

Industri kereta api itu dikembangkan PT SII (Stadler INKA Indonesia), yang  merupakan perusahan kongsi (joint venture) antara BUMN PT INKA dan perusahaan kereta api dunia Stadler Rail Group dari Swiss.

Pabrik di Banyuwangi akan menjadi pabrik kereta terbesar di Asia Tenggara dengan investasi Rp 1,6 triliun. Pabrik itu fokus menggarap pesanan ekspor kereta ke Asia, Australia, dan Afrika.

Baca Juga: Cara Mudah Merobek Celana Jeans Seperti Buatan Pabrik, Bisa Dilakukan di Rumah!

Bupati Anas mengatakan, penciptaan lapangan kerja baru sangat diperlukan sebagai upaya pemulihan ekonomi. ”Bersama sektor pertanian, pariwisata, perikanan, UMKM, dan sebagainya; kehadiran industri kereta api ikut mendorong pemulihan ekonomi, bahkan bukan hanya ekonomi lokal, tapi juga nasional berkaitan dengan daya saing ekspor industri manufaktur Indonesia,” papar Anas.

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama

Sumber: banyuwangikab.go.id


Tags

Terkini

x