Simak 4 Fakta Terkait Isu Viral Timor Leste Yang Ingin Kembali Begabung Dengan Indonesia

- 3 September 2020, 20:46 WIB
Salah Satu tempat wisata di Timor Leste
Salah Satu tempat wisata di Timor Leste /theadventurouseducator.com/

KABAR BESUKI - Kabar mengenai keinginan bergabung kembali Negara Timor Leste bekas wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia NKRI tengah mencuat ke permukaan publik.

Adanya dugaan bahwa rakyat Timor Leste diduga ingin bergabung dengan Indonesia jika memiliki kesempatan kedua semakin memperkuat isu yang muncul di masyarakat.

Timor Leste memang sempat menjadi bagian dari Tanah Air. Tetapi timor leste telah memutuskan berpisah dengan NKRI dan sudah merdeka pada 20 Mei 2002 silam.

Adapula fakta-fakta lainnya terkait Timor Leste yang telah dirangkum KabarBesuki.com yang dilansir dari Pikiran-Rakyat.com yang berjudul: "Viral Isu Timor Leste ingin Gabung Kembali dengan Indonesia: Diduga Ekonomi Sulit hingga SDA Kering" seperti berikut ini :

1. Kronologi Timor Leste Merdeka

Sebelum berubah nama, Timor Leste merupakan salah satu provinsi ke-27 di Indonesia alias provinsi termuda, yakni Timor Timur (Timtim).

Pada 19 Desember 1998, terdapat surat dari Perdana Menteri Australia untuk Presiden B.J Habibie terkait kemerdekaan Timor Timur.

Atas pertimbangan masyarakat Timor Timur yang kerap tak bersatu dengan wilayah lainnya, B.J Habibie sempat menyatakan ingin melepas provinsi tersebut secara baik-baik melalui sidang MPR.

Terjadi berbagai polemik saat itu, hingga terdapat protes massal yang menewaskan cukup banyak orang pada tahun 1999 di wilayah Timor Timur.

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah