Sektor Pertanian Kabupaten Banyuwangi Mengalami Pertumbuhan Positif

- 27 September 2020, 17:29 WIB
pertanian Banyuwangi
pertanian Banyuwangi /banyuwangikab.go.id

KABAR BESUKI - Sektor pertanian di Kabupaten Banyuwangi mengalami pertumbuhan yang positif. Meski di tengah pandemi Covid-19, kontribusi sektor pertanian terhadap PDB pada kuartal II/2020 merupakan satu-satunya sektor dari lima sektor penyangga utama PDB yang tumbuh positif sepanjang periode ini. 

Dilansir dari BanyuwangiKab.go.id, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Banyuwangi Arief Setiawan menjelaskan sektor pertanian Kabupaten Banyuwangi berdasarkan distribusi persentase PDRB atas harga konstan 2010 menurut lapangan usaha (persen) 2010-2018,  masih merupakan sektor unggulan yaitu sebesar 29,62% tertinggi dari 17 lapangan usaha lainnya. 

"Sektor pertanian sebagai penopang ketahanan pangan merupakan sektor strategis yang harus menjadi program unggulan dalam pembangunan nasional maupun daerah. Sektor pertanian di Banyuwangi selama sepuluh tahun terakhir ini selalu menjadi program unggulan dalam RPJMD," kata Arief, Minggu (27/9/2020).

Baca Juga: Chord dan Lirik Lagu 'Sun Tulis' Karya dari Ader Negro

Capaian dari sektor pertanian ini cukup menggembirakan. Tidak hanya dari sisi produksi dan penyediaan konsumsi masyarakat,  Banyuwangi berhasil mengintegrasikan sektor pertanian dengan sektor lainnya, khususnya pariwisata sebagai ouput dari kerja kolaborasi dan inovasi lewat beragam event yang dikemas dalam Banyuwangi Festival.  

Arief mencontohkan, Agro Expo yang dilaksanakan setiap tahun telah melahirkan agrowisata, perkawinan dari dua sektor (agro dan wisata) yang berbeda tetapi bisa disatukan. Pelaksanaannya, kata dia, memberikan dampak edukasi, promosi, ekonomi dan ekologi, yang bahkan konsepnya bisa diadopsi oleh masyarakat.

"Dan yang paling utama, aktivitas ini bisa menarik minat kaum milenial terjun di dunia agribisnis. Sehingga bisa menjaga kesinambungan tenaga kerja sektor pertanian dalam menghadapi tantangan yang semakin berat jika tidak digarap dengan cara-cara yang lebih adaftif dengan situasi kekinian," ujarnya.  

Baca Juga: Keren! Banyuwangi Kini Punya Dermaga Yatch Internasional di Pantai Boom

Menurut dia, sektor pertanian pada era digital ini harus dikolaborasikan dengan teknologi informasi. Sinergi antara petani dengan kaum muda yang melek IT, diharapkan bisa mengubah imej sektor pertanian itu yang semula dinilai kurang bergengsi menjadi sektor yang bergengsi. Munculnya startup di bidang pertanian adalah salah satu bukti bahwa sektor pertanian bisa digarap lebih menarik, efisien dan menguntungkan.

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama


Tags

Terkini

x