Program Siswa Asuh Sebaya di Banyuwangi Bantu 1.300 Siswa Kurang Mampu Ditengah Pandemi

- 29 September 2020, 04:44 WIB
Bupati Anas bersama para pelajar
Bupati Anas bersama para pelajar /Dok. BanyuwangiKab.go.id 2019

KABAR BESUKI - Pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir membuat proses pembelajaran tatap muka di sekolah masih belum bisa dimulai.

Namun, Program membangun solidaritas antar-pelajar di Banyuwangi, "Siswa Asuh Sebaya" (SAS),masih tetap berjalan. 

Program SAS kembali menyalurkan bantuan senilai Rp 370 juta untuk 1.300 pelajar dari 33 SD dan 9 SMP guna menopang pendidikan mereka. Bantuan tersebut ada yang berupa beasiswa, alat dan modul pembelajaran, handphone, dan pulsa internet.

Baca Juga: 10 Fakta Unik Kabupaten Banyuwangi 'The Sunrise of Java', Simak Yuk!

Siswa Asuh sebaya (SAS) sendiri merupakan gerakan membangun kepedulian antarpelajar di Banyuwangi. Pengelolaannya dilakukan dari siswa, oleh siswa, dan untuk siswa di sekolah tersebut. Sejak pertama kali diluncurkan pada 2011, hingga saat ini telah menyalurkan dana hingga Rp19,1 miliar untuk membantu pendidikan ribuan anak di Bumi Blambangan.

Seperti dilansir dari BanyuwangiKab.go.id, “Sebenarnya bukan pada nilainya, yang terpenting justru bagaimana kita menumbuhkan rasa peduli sesama sejak usia pelajar. Sehingga, kita semua berharap, para pelajar kelak menjadi generasi yang welas asih, suka menolong, sehingga masyarakat kita menjadi semakin guyub,” ujar Anas.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Senin, 28 September 2020: Mulai dari Keuangan, Karier dan Asmara!

Bantuan SAS ini, lanjut Anas diberikan ke siswa yang membutuhkan tanpa prosedur yang berbelit. Siswa yang mampu menyisihkan uang jajannya, dikumpulkan bersama, lalu diberikan kepada temannya yang butuh.

”Ada yang menyumbang Rp 1.000, Rp 2.000, Rp 5.000, semua sukarela. Ini cara kami untuk membangun kepedulian dan empati antar siswa. Sebagai modal sosial di antara generasi muda di Banyuwangi. Program ini juga memberikan penanaman pendidikan karakter sejak dini bagi anak,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama

Sumber: banyuwangikab.go.id


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x