Ini Pengaruhnya Bagi Perkembangan Anak Jika Belajar Online di Rumah, Simak Penjelasannya!

- 9 November 2020, 12:01 WIB
Ilustrasi Belajar dari Rumah
Ilustrasi Belajar dari Rumah /

KABAR BESUKI - Pandemi virus corona membuat dampak yang sangat segnifikan bagi kehidupan yang dilakukan sehari-hari. Dengan berbagai himbauan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan agar mencegah dan menurunkan angka penularan virus ini.

Dan demi menurunkan angka penularan, masyarakat dihimbau untuk selalu belajar, bekerja, dan beraktivitas di rumah saja. Selain orang dewasa, anak-anak juga pasti terkena imbasnya, yaitu belajar secara daring di rumah.

Nah, sebagai orang tua juga hal tersebut menjadi tugas yang tidak mudah. Karena harus membagi waktu sebaik mungkin. Kini juga harus meluangkan lebih banyak waktu untuk mendampingi anak dengan pembelajaran daring di rumah. 

Baca Juga: Cara Mendidik Anak Sholeh Menurut Islam, Agar Tidak Menyesal Dikemudian Hari

Disisi lain, ada dampak positif dan negatifnya dari sistem belajar yang diberlakukan secara daring di rumah demi menghindari penularan virus corona. Berikut beberapa dampak positif dan negatifnya, dikutip dari halodoc.com diantaranya:

1. Dampak positif

  • Waktu belajar yang menjadi lebih pendek

karena teknologi akan memudahkan anak mengakses materi dari mana saja dan kapan saja. Pun, anak tidak perlu menghabiskan waktu untuk menembus kemacetan ketika berangkat ke sekolah, sehingga belajar lebih efektif.

  • Pengembangan diri jadi lebih mudah

karena anak juga bisa melakukan aktivitas lainnya, seperti menggambar, mewarnai, atau membaca. 

Baca Juga: Ikuti 3 Tips Cara Orang Tua Dampingi Anak TK dan SD Selama Belajar Dirumah

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF


Tags

Terkini