Intip Peristiwa 10 November 1945, Pertempuran Terhebat dalam Sejarah Revolusi Nasional Indonesia

- 9 November 2020, 15:28 WIB
Bendera Indonesia
Bendera Indonesia /PIXABAY

KABAR BESUKI - Peringatan 10 November memiliki arti tersendiri bagi bangsa Indonesia. Asal mulanya adalah sebuah peristiwa pertempuran terbesar di Indonesia dan menjadi sejarah hingga saat ini. 

Pertempuran ini adalah perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Hal ini juga menjadi satu pertempuran terbesar dan terhebat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme.

Kronologinya penyebab peristiwa tersebut dipicu oleh tewasnya Brigadir Jenderal Mallaby, dalam pertempuran di Surabaya, Jawa Timur. Dalam peperangan itu, Mallaby tewas terpanggang di dalam mobil yang ditumpanginya, diduga akibat terkena lemparan granat, saat melintas di depan Gedung Internatio.

Baca Juga: Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945

Dikutip dari beberapa sumber, Komandan Angkatan Perang Inggris di Indonesia Jenderal Christison menyebut tewasnya Mallaby sebagai satu pembunuhan yang kejam. Ia juga menyatakan akan menuntut balas terhadap rakyat Indonesia.

Pimpinan Barisan Pemberontak Rakyat Indonesia (BPRI) Sutomo atau biasa dipanggil Bung Tomo alias Bung Kecil mengatakan, rakyat Indonesia tidak takut dengan ancaman Christison yang akan menuntut balas.

Atas pernyataan Christison yang ingin menurunkan kekuatan militernya secara penuh, untuk menggempur rakyat Indonesia yang sedang berjuang mempertahankan kemerdekaan yang baru diproklamirkannya itu dan juga terdapat satu muslihat licik.

Karena sebelumnya, pada tahun 1931 Jepang ingin menguasai Mansuria. Dalam pertempuran dengan rakyat Tiongkok itu, opsir Nippon Nakamura tewas. Tidak terima serdadunya tewas, Jepang mengancam akan menuntut balas.

Baca Juga: 5 Destinasi yang Cocok untuk Liburan Akhir Tahun dengan Konsep Backpaker

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: Wikipedia


Tags

Terkini