Waspada Gunung Merapi Mulai Mengeluarkan Guguran Lava Sejauh 700 Meter

- 11 November 2020, 10:27 WIB
Tempat Wisata Gunung Merapi
Tempat Wisata Gunung Merapi /Portal Jogja-PikiranRakyat

KABAR BESUKI - Gunung Merapi memiliki ketinggian puncak 2.930 mdpl, per 2010. Gunung merapi merupakan gunung berapi yang ada di bagian tengah Pulau Jawa, dan merupakan salah satu gunung api teraktif di Indonesia.

Letak lereng sisi selatan berada dalam administrasi Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan sisanya berada di dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Magelang di sisi barat, Kabupaten Boyolali di sisi utara dan timur, serta Kabupaten Klaten di sisi tenggara.

Kawasan hutan di sekitar puncaknya menjadi kawasan Taman Nasional Gunung Merapi sejak tahun 2004.

Baca Juga: Dwayne Johnson dan Dany Garcia Akan Membintangi Film 'The Scorpion King'

Gunung ini sangat berbahaya karena menurut catatan modern mengalami erupsi setiap dua sampai lima tahun sekali dan dikelilingi oleh permukiman yang sangat padat.

Sejak tahun 1548, gunung ini sudah meletus sebanyak 68 kali. Kota Magelang dan Kota Yogyakarta adalah kota besar terdekat, yang berjarak kurang dari 30 km dari puncaknya. Di lerengnya masih terdapat permukiman sampai ketinggian 1700 meter dan hanya berjarak empat kilometer dari puncak.

Merapi menjadi salah satu dari enam belas gunung api dunia yang termasuk dalam proyek Gunung Api Dekade Ini.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Liburan Akhir Tahun yang Cocok Jika Anda Pergi ke Jakarta Bersama Keluarga

Balai penyelidikan dan Pengembangan Tekhnologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyatakan, Gunung Merapi yang ada di perbatasan (DIY) Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah mulai mengeluarkan guguran lava pada Rabu pagi, dengan jarak 700 meter ke arah kali Senowo.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Antaranews.com


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah