KPU Cetak 1,4 Juta Lebih Kertas Suara PilKada Banyuwangi

- 18 November 2020, 22:10 WIB
Komisioner KPU Banyuwangi, Ari Mustofa
Komisioner KPU Banyuwangi, Ari Mustofa /kabarbesuki.com

KABAR BESUKI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi mencetak sebanyak 1,4 juta lebih kertas suara untuk keperluan Pilkada yang bakal digelar pada 9 Desember 2020 mendatang.

Komisioner KPU Banyuwangi Ari Mustofa menyampaikan, jumlah kertas suara yang dicetak tersebut, sudah melebihi jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada yang ditetapkan yang mencapai 1,3 juta lebih pemilih, termasuk 2 persen kertas suara cadangan.

“Desain kertas suara yang telah dicetak itu sudah disepakati oleh masing-masing paslon,” ujar Ari, Selasa (17/11/2020).

Baca Juga: Warga Gombengsari Ingin Paslon Pilkada 2020 Banyuwangi Ipuk-Sugirah Teruskan Pembangunan Banyuwangi

Proses pencetakan kertas suara, kata Ari, sedang berlangsung di salah satu percetakan di Bali. Kertas suara tersebut ditargetkan akan selesai pekan depan. Setelah itu dilakukan proses penyortiran dan pelipatan di Kantor KPU Banyuwangi.

“Untuk proses pelipatan kertas sendiri, KPU Masih mempertimbangkan apakah melibatkan orang banyak atau tidak. Sebab proses pelipatan tersebut juga harus memperhatikan protokol kesehatan Covid-19," lontarnya.

Baca Juga: Mantan Pemain AC Milan Mathieu Flamini Disebut Sebagai Pesepak Bola Terkaya Versi Forbes

Selain mencetak 1,4 juta lebih kertas suara, Ari menambahkan, KPU juga mencetak sebanyak 3000 lebih template khusus untuk penyandang disabilitas. Tempalte tersebut, nantinya khusus digunakan untuk pemilih penyandang tuna netra pada saat menyalurkan hak suaranya di bilik suara. Template tersebut, kata Ari, fungsinya untuk membantu mengenali calon kepala daerah pilihan masyarakat penyandang tuna netra.

“Disabilitas suarat suaranya sama, cuma nanti ada alat bantu template itu nanti setiap TPS kami sediakan 1 alat bantu itu. Kalau surat suaranya sama, cuma nanti untuk pemilih bisa nyoblos itu harus pake template. Jadi teplate itu ada tulisan timbul braile, sehingga teman kita yang tuna netra bisa melihat ini calon A, ini calon B. Sehingga dia mau milih yang mana dengan meraba-raba itu,” terangnya.

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x