Tumpas KKB Papua Denjaka Dilibatkan, Bahkan Bikin Angkatan Laut Amerika Gemetaran? [Cek Fakta]

- 4 Mei 2021, 03:00 WIB
Unggahan klaim hoax/Twitter @H4l1mun_D1n61n.
Unggahan klaim hoax/Twitter @H4l1mun_D1n61n. /

KABAR BESUKI - Baru-baru ini tengah beredar sebuah foto di media sosial Twitter yang diklaim sebagai bukti keterlibatan Pasukan Elit Angkatan Laut Detasemen Jala Mangkara (Denjaka) sudah datang di Papua pada 1 Mei 2021, dalam sebuah misi penumpasan KKB teroris Papua.

Adanya unggahan dari pemilik akun Twitter bernama @H4l1mun_D1n61n itu, mengundang banyak reaksi warganet bahkan menjadi trending Twitter hingga Senin, 3 April 2021.

Adapun narasi yang tercatut dalam unggahan itu yakni:

“Pasukan elit angkatan laut DENJAKA sampai di tanah Papua. Kekuatan 1Denjaka = 12 orang. Mempunyai kekuatan misterius yang bikin angkatan laut amerika gemetaran.”

 

Lantas, apakah benar informasi terkait foto yang tersebar di media sosial Twitter yang menyebut Denjaka sudah datang di Papua untuk sebuah misi penumpasan KKB teroris Papua?
Unggahan klaim hoax/Twitter @H4l1mun_D1n61n.
Unggahan klaim hoax/Twitter @H4l1mun_D1n61n.
 
Penjelasan:
 
 
Dilansir dari laman Turnbackhoax, Komandan Korps Marinir Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar), Suhartono, membantah isu tersebut, “Tidak ada” kata Mayjen Suhartono saat menjawab pertanyaan terkait isu pelibatan Denjaka di Papua.

Kadispenal Laksamana Pertama TNI, Julius Widjojono juga menegaskan bahwa informasi terkait Denjaka tidak pernah disebarkan. Denjaka merupakan pasukan siluman yang semua pergerakannya tidak disebarkan dan berisikan pasukan-pasukan terpilih dan terlatih.

Sementara lain, dalam salah satu artikel sebelumnya foto tersebut digunakan dalam membahas terkait kemampuan pasukan elit Indonesia.

Baca Juga: Jadwal Leg 2 Semifinal UEFA Europa League 2020-21 Live di O Channel dan Champions TV, Catat Tanggalnya

Dan klaim Denjaka dalam misi penumpasan KKB Papua adalah foto lama yang sempat diunggah pada tahun 2020, lalu.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: Twitter, Turnback Hoax


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X