HOAX Putri Candrawathi Bunuh Diri usai Tes Kebohongan, Ini Fakta Sebenarnya

- 8 September 2022, 15:56 WIB
HOAX Putri Candrawathi Bunuh Diri usai Tes Kebohongan, Ini Fakta Sebenarnya.
HOAX Putri Candrawathi Bunuh Diri usai Tes Kebohongan, Ini Fakta Sebenarnya. /Instagram/@divpropampolri/
 
KABAR BESUKI - Beredar unggahan Facebook yang menampilkan konten video di YouTube dengan judul "Ibu Putri Candrawathi Bunuh Diri!", Komnas Perempuan ungkap alasannya.
 
Putri Candrawathi sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka kasus penbunuhan Brigadir J dan telah menjalani uji kejujuran/kebohongan (Poligraf) pada Selasa, 7 September 2022.
 
Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Pol. Andi Rian Djajadi menyatakan uji poligraf itu dilakukan di Pusat Laboratorium Forensik Polri di Sentul, Kabupaten Bogor.
 
Akun Facebook pengunggah klaim itu menambahkan narasi sebagai berikut,  dilansir Kabar Besuki dari ANTARA. 
 
"Putri Chandrawathi tidak bisa berkali-kali kali mengaku sebagai korban pelecehan ( karena dampaknya akan manambah rasa jengkel yang mendengarnya ). Rasa jengkel pada Putri karena ybs tidak dipaksa tapi ybs yang mengajak untuk begituan."
 
Hoax Putri Candrawathi Bunuh Diri usai Tes Kebohongan.
Hoax Putri Candrawathi Bunuh Diri usai Tes Kebohongan.
 
Namun, benarkah istri Irjen Pol. Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, bunuh diri?
 
Penjelasan:
 
Penelusuran ANTARA, video berdurasi 10 menit sembilan detik pada YouTube itu tidak berhubungan dengan judul unggahan tersebut.
 
Video itu menampilkan pernyataan Komnas Perempuan, Andy Yentriyani, yang mengungkapkan pengakuan Putri Candrawathi yang sempat ingin bunuh diri.
 
Sementara, tampilan depan unggahan video YouTube itu berasal dari foto ANTARA tentang peristiwa bom bunuh diri di Makassar, Sulawesi Selatan, pada Maret 2021.
 
Selain itu sebagaimana disampaikan Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Pol. Andi Rian Djajadi, Putri Candrawathi menjalani uji poligraf yang berarti istri Ferdy Sambo itu masih dapat beraktivitas.
 
Dengan demikian, klaim Putri Candrawathi bunuh diri merupakan kabar bohong atau hoaks.***

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: ANTARA


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x