Mengejutkan! Harga Minyak Melonjak, Rupiah Diprediksi Melemah Hari Ini

- 25 Maret 2021, 10:12 WIB
Foto: Ilustrasi Uang Rupiah
Foto: Ilustrasi Uang Rupiah /Gisela R//Pixabay/EmAji

KABAR BESUKI –Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta diprediksi melemah pada Kamis, 25 Maret 2021. 

Hal ini disebabkan oleh tertekan kenaikan harga minyak dunia. Hingga pukul 9.32 WIB, rupiah melemah 33 poin atau 0,23 persen ke posisi Rp14.458 per dolar AS.

Berbeda jika dibandingkan dengan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya yakni  Rp14.425 per dolar AS.

 "Kenaikan harga minyak dunia dan minimnya sentimen positif dari dalam negeri kemungkinan akan mendorong melemahnya rupiah," kata Analis Samuel Sekuritas Ahmad Mikail dalam kajiannya di Jakarta, dikutip Kabar Besuki dari laman Antara pada 25 Maret 2021.

Kenaikan harga minyak dunia (Brent) semalam sebesar 4 persen disebabkan karena sentimen negatif terkait distribusi minyak dan barang di Terusan Suez.

Baca Juga: Kabar Gembira, Harga Emas Mulai Merangkak Naik, Cek Harga Emas Mulai 1 Gram hingga 1 Kilogram

Hal ini diperkirakan mendorong pelemahan rupiah hari ini.

Sementara itu di tengah kemungkinan dibatalkannya lockdown di Jerman karena kenaikan kasus COVID-19 memungkinan akan memperkuat euro terhadap dolar AS yang membuat indeks dolar diperkirakan stabil ke level 92,5 hari ini.

Menurut data ekonomi AS Markit Composite Flash AS Maret yang diperkirakan sebesar 59,1 lebih rendah dari konsensus sebesar 59,9 juga akan menekan indeks dolar AS.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

x