Gawat! Nilai Tukar Rupiah Melemah Seiring Membaiknya Ekspektasi Ekonomi Amerika Serikat

- 29 Maret 2021, 11:29 WIB
Ilustrai Dollar menguat/Pexels/ Karolina Grabowska
Ilustrai Dollar menguat/Pexels/ Karolina Grabowska /

KABAR BESUKI - Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin, 29 Maret 2021 pagi melemah seiring ekspektasi membaiknya ekonomi Amerika Serikat.

Dilansir dari Antara, pada pukul 9.47 WIB, rupiah melemah 14 poin atau 0,1 persen ke posisi Rp14.432 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp14.418per dolar AS.

Analis pasar uang PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Rully Arya Wisnubroto di Jakarta, Senin, 29 Maret 2021 mengatakan, rupiah akan lebih banyak dipengaruhi oleh pergerakan dolar AS yang masih mengalami tren kenaikan. Indeks dolar AS saat ini telah berada di posisi 92,77.

Baca Juga: Penyebab Terjadinya Kebakaran dan Beberapa Cara Penanganannya, Simak Ulasannya

Menurutnya, hal ini didorong oleh ekspektasi terus membaiknya perekonomian AS, yang terkonfirmasi dari perbaikan data pengangguran mingguan AS pada pekan lalu dan stimulus fiskal yang cukup agresif.

Data klaim tunjangan pengangguran AS pada pekan lalu turun menjadi 684 ribu klaim dari pekan sebelumnya 781 ribu klaim dan juga estimasi 735 ribu klaim.

Terkait perkembangan imbal hasil obligasi AS tenor 10 tahun, terlihat tren kenaikannya sudah mulai terbatas dan saat ini berada di level 1,67 persen.

Baca Juga: 10 Tips dan Trik Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami Menggunakan Bahan yang Tersedia di Rumah Anda

"Secara teknikal, pada perdagangan hari ini kami memperkirakan rupiah terhadap dolar AS diprediksi berada pada interval Rp14.405 dan Rp14.458" kata Rully.

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X