Jelang Ramadhan Harga Daging dan Telur Ayam Naik Hingga Rp40.000 per Kilogram

- 12 April 2021, 19:07 WIB
ilustrasi pasar tradisional
ilustrasi pasar tradisional /PR/Asep MS/

KABAR BESUKI – Menjelang bulan suci Ramadhan, harga daging ayam dan telur ayam ras di sejumlah pasar tradisional di wilayah Kota Madiun, Jawa Timur, beranjak naik secara signifikan.

Hal ini dikarenakan seiring tingginya permintaan konsumen menjelang bulan Ramadhan.

Pedagang daging ayam broiler atau potong di Pasar Besar Madiun, Murti mengatakan harga daging ayam sebelumnya Rp28.000 per kilogram kini sudah mencapai Rp40.000 per kilogram.

"Kenaikan harganya terjadi secara bertahap sejak sepekan terakhir menjelang puasa," ujar Murti di Madiun, sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari laman ANTARA Jatim pada 12 April 2021.

Baca Juga: Ma'ruf Amin Berpesan Supaya Hati-hati Berpuasa Saat Pandemi, Ini 3 Tips Berpuasa Tetap Aman Saat Pandemi

Berdasarkan penjelasan dari Murti, kondisi tersebut sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Dimana menjelang ramadhan harga daging ayam selalu mengalami kenaikan.

Sementara itu, penyebabnya banyak faktor. Yang paling dominan adalah karena banyaknya permintaan konsumen. Selain itu juga dipengaruhi oleh stok yang terbatas hingga harga ternak ayam dari peternak mengalami kenaikan.

"Dari peternak, harga kulakan ternak ayam potong sudah naik. Sehingga harga jual juga menyesuaikan," katanya.

Tingginya harga mengakibatkan jumlah penjualannya mengalami penurunan. Biasanya rata-rata bisa laku 25 ekor ayam, sekarang hanya laku 20 ekor saja setiap harinya.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X