Daftar Harga Hewan Kurban Kambing hingga Sapi, Mulai Rp1 Jutaan Sampai Puluhan Juta

- 7 Juli 2021, 09:17 WIB
Daftar Harga Hewan Kurban Kambing hingga Sapi, Mulai Rp1 Jutaan Sampai Puluhan Juta.
Daftar Harga Hewan Kurban Kambing hingga Sapi, Mulai Rp1 Jutaan Sampai Puluhan Juta. /PEXELS/ cottonbro

KABAR BESUKI - Qurban berasal dari bahasa Arab, “Qurban” yang berarti dekat kurban dalam islam juga disebut dengan al-udhhiyyah dan adh-dhahiyyah yang berarti binatang sembelihan, seperti unta, sapi (kerbau), dan kambing yang disembelih pada hari raya Idul Adha dan hari-hari tasyriq sebagai bentuk taqarrub atau mendekatkan diri kepada Allah.

Allah SWT telah mensyariatkan kurban dengan firman-Nya, “Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah. Sesungguhnya orang-orang yang membencimu dialah yang terputus.” (Al-Kautsar: 1-3).
 
"Dan telah Kami jadikan untuk kamu unta-unta itu sebagai syiar Allah. Kamu banyak memperoleh kebaikan dari padanya, maka sebutlah nama Allah ketika kamu menyembelihnya.” (Al-Hajj: 36).
 
Ibadah kurban hukumnya sunnah muakkadah (sunnah yang sangat dianjurkan). Bagi orang yang mampu melakukannya lalu ia meninggalkan hal itu, maka ia dihukumi makruh. 
 
Hal ini berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim bahwa Nabi saw pernah berkurban dengan dua kambing kibasy yang sama-sama berwarna putih kehitam-hitaman dan bertanduk. 
 
Beliau sendiri yang menyembelih kurban tersebut, dan membacakan nama Allah serta bertakbir (waktu memotongnya).
 
Dari Ummu Salamah ra, Nabi saw bersabda, “Dan jika kalian telah melihat hilal (tanggal) masuknya bulan Dzul Hijjah, dan salah seorang di antara kamu ingin berkurban, maka hendaklah ia membiarkan rambut dan kukunya.” HR Muslim.
 
Arti sabda Nabi saw, ” ingin berkorban” adalah dalil bahwa ibadah kurban ini sunnah, bukan wajib.
 
Diriwayatkan dari Abu Bakar dan Umar ra bahwa mereka berdua belum pernah melakukan kurban untuk keluarga mereka berdua, lantaran keduanya takut jika perihal kurban itu dianggap wajib.
 
Sebelum berkurban sebagian orang harus membeli dahulu hewan ternak yang akan dijadikan kurban.
 
Sebelum membeli alangkah baiknya melihat dulu daftar list harga kambing, domba ataupun sapi yang akan dibeli.
 
Berikut daftar harga hewan kurban, seperti dilansir Kabar Besuki dari laman resmi Baznas.
 
1. Kambing Standar
 
Harga kambing kategori ini Rp 1.850.000 per ekor. Untuk kategori tersebut, Anda bisa mendapat kambing/domba berbobot 23-25 kilogram.
 
2. Kambing Medium
 
Harga untuk kambing kategori ini Rp 2.150.000 per ekor. Untuk kategori tersebut, Anda bisa mendapat kambing/domba berbobot 23-25 kilogram
 
3. Kurban Premium
 
Harga untuk kambing kategori ini Rp 2.500.000 per ekor. Untuk kategori tersebut, Anda bisa mendapat kambing/domba berbobot >29 kilogram
4. Sapi
 
Untuk harga sapi Rp 12.985.000 per ekor. Untuk kategori tersebut, Anda bisa mendapat sapi berbobot 250-300 kilogram.
 
5. Domba/Kambing Al-Kautsar
 
Harga untuk kambing kategori ini Rp 2.200.000 per ekor. Untuk kategori tersebut, Anda bisa mendapat kambing/domba berbobot 24-26 kilogram
 
6. Domba/Kambing Firdaus
 
Harga untuk kambing kategori ini Rp 2.500.000 per ekor. Untuk kategori tersebut, Anda bisa mendapat kambing/domba berbobot 27-30 kilogram.
 
7. Sapi Al-Kautsar
 
Harga untuk sapi kategori ini Rp 17.500.000 per ekor. Untuk kategori tersebut, Anda bisa mendapat sapi berbobot 23-25 kilogram
 
8. Sapi Firdaus
 
Harga untuk sapi kategori ini Rp 17.500.000 per ekor. Untuk kategori tersebut, Anda bisa mendapat sapi berbobot 23-25 kilogram.***
 
Disclaimer: Harga hewan kurban bisa berubah-ubah sesuai dengan daerah, keadaan hewan, pedagang dan lain sebagainya.

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: BAZNAS


Tags

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x