Pemkot Kediri Pesan Ribuan Masker Demi Pertahankan Ekonomi Rakyat

- 10 April 2020, 10:28 WIB
Masker kain katon produksi kaun difable di Kota Kediri.
Masker kain katon produksi kaun difable di Kota Kediri. /

KABAR BESUKI - Wabah Covid-19 menjadi pukulan berat bagi pertumbuhan perekonomian dunia. Namun disisi lain kehadiran covid-19 justru memunculkan ide-ide dan kreatifitas pelaku usaha untuk tetap eksis di tengah guncangan perekonomian yang melanda.

Pun tak ketinggalan di Kota Kediri, Pemerintah Kota Kediri yang tak ingin laju pereknomian warganya melambat. Terus berupaya untuk membuat roda perekonomian berjalan dengan memesan ribuan masker berbahan tenun ikat dari para pengusaha tenun ikat di Kota Kediri.

Kesempatan usaha itu pun tak disia-siakan oleh para penyandang cacat di Kota Kediri. Para difabel yang tergabung dalam Gerkatin Kota Kediri mulai memproduksi masker dari kain tenun ikat sejak beberapa waktu terakhir.

Ketua Gerkatin Kota Kediri Maskurun mengatakan bahwa sudah semingguan ini usaha yang dikelolanya bersama para penyandang cacat tunarungu dan folio mulai memproduksi masker.

“Alhamdulillah ini sudah ada pesanan dari Pegadaian Bojonegoro dan Madiun. Belum banyak sih, baru 30 lusin.” ujar Maskurun.

Baca Juga: SEREMPAK SE-INDONESIA Poster Berhenti Total Tiga Hari Adalah Hoax

Sedang dari Pemerintah Kota Kediri, beberapa hari lalu, kata perempuan yang akrab disapa Yuyun ini mengaku sudah mengontak dirinya untuk melakukan pemesanan.

“Kapan hari Bu Wali sempat mau pesan APD dan masker, tapi belum pasti berapa jumlahnya. Mudah-mudahan segera ada kepastian pesanan dari Pemkot ya, nanti akan saya prioritaskan pembuatannya,” harapnya.

Yuyun mengaku pada awal pembuatan bahan yang digunakan untuk membuat masker adalah dengan memanfaatkan sisa kain tenun ikan yang didapat dari usaha konfeksinya selama ini.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto


Tags

Terkini

x