Mandi Menggunakan Air Hangat Ternyata Bisa Membantu Anda Tidur Lelap dengan Cepat, Studi Baru Membuktikan

- 7 April 2021, 21:25 WIB
Ilustrasi mandi dengan air hangat /Pixabay.com/Seregas

KABAR BESUKI - Kita semua tahu bahwa, selain membaca buku atau berlatih meditasi, mandi air panas/hangat adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan sebelum tidur.

Tetapi meta-analisis baru dari lebih dari 5.000 penelitian sebelumnya telah menghasilkan beberapa detail menarik tentang cara menggunakan mandi air panas/hangat yang bagus untuk mendapatkan istirahat malam yang paling optimal.

Penelitian, yang baru-baru ini diterbitkan dalam jurnal Sleep Medicine Reviews, menganalisis bagaimana tepatnya mandi air panas/hangat mempengaruhi lamanya waktu yang dibutuhkan untuk tertidur, serta kualitas dan kuantitas tidur secara keseluruhan.

Baca Juga: Jangan Disepelekan! Manfaat Yoga untuk Pria, Membantu Daya Tahan dan Meningkatkan Libido Pria?

Baca Juga: Enam Ekor Satwa Langka Dilepas Liarkan PT Timah Bersama Animal Lovers Bangka Indonesia

Baca Juga: Siapkan Mental dan Fisik, Inilah 6 Olahraga Ekstrem yang Membuat Jantung Tidak Berhenti Berdebar-debar

Dalam analisis mereka, para peneliti di University of Texas menemukan bahwa suhu ideal mandi air panas untuk kualitas tidur adalah antara 40 dan 42 derajat Celcius, dan berendam di air hangat ini sekitar 90 menit sebelum waktu tidur dapat membantu Anda tertidur lelap 10 menit lebih cepat.

"Ketika kami melihat semua studi yang diketahui, kami melihat perbedaan yang signifikan dalam hal pendekatan dan temuan," kata Shahab Haghayegh, Ph.D. kandidat di Departemen Teknik Biomedis di University of Texas.

Satu-satunya cara untuk membuat penentuan yang akurat tentang apakah tidur sebenarnya dapat ditingkatkan adalah dengan menggabungkan semua data masa lalu dan melihatnya melalui lensa baru.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Best Life Online


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X