Hati-hati, Merasa Kesepian hingga Berlarut-Larut Dapat Sebabkan Kematian, Simak Ulasannya

- 8 April 2021, 10:07 WIB
Ilustrasi kesepian. /Pixabay

KABAR BESUKI - Dalam suatu waktu, setiap orang pasti pernah merasakan kesepian. Entah itu karena baru putus dari sebuah hubungan, pindah ke tempat baru, atau merasa ditinggal oleh teman atau kerabat terdekat.

Kesepian yang ditimbulkan dari hal-hal tersebut akan membuat suasana hati tidak karuan selama beberapa hari, bahkan beberapa minggu.

Sebenarnya perasaan kesepian yang berlarut-larut sangat berdampak buruk bagi kesehatan, baik secara psikis maupun fisik.

Baca Juga: Kenali Penyebab Jantung Bocor Bisa Sebabkan Kematian Mendadak, Meski Tampak tak Berbahaya

Fenomena kesepian ini sudah bertahun-tahun diteliti oleh para ilmuwan dan psikolog di dunia. Mereka juga mengungkapkan hasil yang menarik, dimana terdapat keterkaitan antara perasaan terisolasi dengan harapan hidup yang lebih rendah dan meningkatnya risiko kesehatan.

Peneliti dari India Psychiatric Society menemukan jika perasaan terisolasi atau kesepian memiliki dampak yang sama buruknya dengan merokok 15 batang rokok per harinya.

Sehingga orang yang sering merasa kesepian 50 persen lebih berisiko  cenderung mengalami kematian dini sebelum waktunya, dibandingkan dengan orang-orang yang memiliki kehidupan sosial yang sehat.

Baca Juga: Pembebasan Lahan MRT di Koridor Kota-Ancol Barat Membutuhkan Dana Sekitar Rp1,5T

Jelasnya, kesepian dapat mengakibatkan banyak permasalah  kesehatan baik secara fisik, psikologis, maupun secara sosial.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: Psychology Today


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X