Periksa Sekarang, Jika Melihat Ini di Kaki Anda Bisa Jadi Terkena Diabetes, Kata Dokter!

- 8 April 2021, 18:53 WIB
ilustrasi gejala diabetes pada kaki /Pexels/Diana A

KABAR BESUKI - Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan ciri-ciri berupa tingginya kadar gula (glukosa) darah. Glukosa merupakan sumber energi utama bagi sel tubuh manusia.

Secara tidak sadar, ada beberapa gejala diabetes yang mungkin jarang Anda ketahui. Penting untuk memantau diri Anda sendiri untuk setiap tanda potensial diabetes, dan itu berarti memeriksa kaki Anda untuk satu gejala serius.

Berikut beberapa gejala diabetes yang mungkin Anda rasakan, sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari laman Best Life.

Baca Juga: Pesona Janda Bolong Makin Meresahkan, Begini Cara Merawatnya!

1. Bisul di kaki

Ulkus kaki sangat umum terjadi pada mereka yang menderita diabetes, kata Bruce Pinker, DPM, ahli penyakit kaki bersertifikat dan ahli bedah kaki yang merawat ulkus kaki diabetik. 

Menurut Pinker, "Diabetes menekan sistem kekebalan, mengurangi respons tubuh terhadap stres, infeksi, dan cedera." Hal ini, pada gilirannya, mempersulit penderita diabetes untuk sembuh dari luka dibandingkan mereka yang tidak menderita diabetes yang dapat menyebabkan dan memperburuk tukak kaki.

"Dalam banyak kasus, penderita diabetes mengalami kerusakan kulit di bagian bawah kaki, terutama di area titik tekan, seperti bola kaki atau tumit," jelas Pinker. 

"Orang yang lebih tua lebih cenderung mengembangkan ulkus kaki berbasis tekanan ini karena gerakan berulang berjalan selama beberapa tahun menyebabkan peningkatan stres di kaki."

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: Best Life Online


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X