Wanita yang Mengonsumsi Suplemen Vitamin Tertentu Lebih Jarang Terinfeksi Covid-19, Ternyata Ini

- 21 April 2021, 04:30 WIB
Suplemen/
Suplemen/ /Bayu/Unsplash/Sharon McCutcheon

KABAR BESUKI - Sebuah studi yang menyelidiki infeksi Covid-19 terhadap wanita mengungkap sebuah temuan yang menarik. Penelitian ini dilakukan oleh King's College London, dan telah diunggah dalam laman British Medical Journal. 

Peneliti menemukan jika banyak dari wanita di Inggris yang mengonsumsi suplemen vitamin jenis tertentu ternyata mengalami risiko infeksi Covid-19 yang lebih rendah.

Di awal masa pandemi, penjualan suplemen vitamin di apotek-apotek banyak diborong oleh masyarakat, terutama vitamin C dan suplemen multivitamin, yang disinyalir dapat meningkatkan daya tahan tubuh seseorang.

Baca Juga: Kominfo Blokir 20 Konten YouTube Milik Jozeph Paul Zhang, UU ITE Tetap Berlaku Meski di Luar Negeri

Penjualan suplemen zinc juga meningkat sebanyak 415 persen dalam seminggu ketika puncak kekhawatiran Covid-19 melonjak di AS. Namun masih banyak perdebatan apakah suplemen vitamin dapat membantu orang terlindungi infeksi virus corona atau tidak.

Dalam penelitian ini, para peneliti mengambil data dari aplikasi milik perusahaan ilmu kesehatan 'aplikasi Studi Gejala Covid-19' milik Zoe.

Dalam aplikasi itu peneliti menanyakan beberapa hal kepada peserta termasuk apakah mereka mengkonsumsi vitamin seperti probiotik, bawang putih, minyak ikan, multivitamin, vitamin D, vitamin C, atau seng, serta jika mereka telah dites SARS-CoV-2 dan bagaimana hasilnya.

Baca Juga: Fakta atau Mitos: Apakah Kulit Wanita Menua Lebih Cepat Daripada Pria? Simak Ulasannya!

Hasilnya, sebanyak 6 persen dari mereka yang mengkonsumsi suplemen terinfeksi Covid-19, dan 6,6 persen dari mereka yang tidak mengkonsumsi suplemen terinfeksi Covid. Perbedaan 0,6 persen tersebut setidaknya terpaut sejumlah 2.500 orang.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: Science Alert


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X