Ternyata di Dalam Mulut yang Bau Terdapat Banyak Bakteri, Ini Cara Mengatasi Tanpa Bahaya

- 21 April 2021, 11:52 WIB
Bau mulut
Bau mulut /Bayu//Pixabay/kreatikar

KABAR BESUKI - Bau mulut tidak hanya menimbulkan ketidaknyamanan. Aroma tidak sedap dari mulut yang disebut halitosis ini juga menimbulkan kesan buruk bagi siapapun yang berinteraksi dengan penderitanya.

Umumnya, bau mulut disebabkan oleh gas yang diproduksi oleh bakteri. Gas ini terkumpul dalam rongga mulut di dalam gusi, gigi, atau lidah. 
 
Menurut otolaryngologist, Dr. Jeffrey Spiegel dari Boston Amerika Serikat, kebanyakan gas dalam mulut ini mengandung sulfur sehingga memberi aroma tidak enak.
 
Cara sederhana mengatasi gangguan ini adalah dengan rutin melakukan sikat gigi dan penggunaan benang gigi. Pembersih lidah juga dapat membantu bakteri yang berkumpul di belakang lidah.
 
Masalah bau mulut dialami oleh 25% penduduk dunia dan sebagian besar disebabkan oleh kurangnya menjaga kesehatan dan kebersihan mulut. Tidak hanya itu, bau mulut juga bisa jadi merupakan suatu pertanda adanya gangguan kesehatan atau penyakit dalam tubuh seseorang.
 
Sayangnya, masalah bau mulut kadang tidak disadari, oleh sebab itu penting untuk mengetahui gejalanya agar kamu bisa mengetahui apakah mulutmu mengeluarkan bau tidak sedap. 
 
Untuk mengetahui gejala bau mulut adalah dengan menjilat pergelangan tanganmu dan membiarkannya kering. Jika kamu mencium bau tidak sedap dari pergelangan tanganmu, besar kemungkinan mulutmu berbau tidak sedap.
 
Kurangnya menjaga kebersihan mulut dapat mengakibatkan nafas yang berbau. Sisa makanan yang melekat pada gigi dan gusi akan diubah oleh bakteri anaerob dalam mulut menjadi senyawa dengan bau yang menyengat. 
 
Beberapa jenis bakteri gram-negatif penyebab bau mulut yang diketahui antara lain Prevotella Melaninogenica, Centipeda Periodontii, Porphyromonas Gingivalis, Fusobacterium Periodonticum, Porphyromonas Endodontalis, Bacteroides Loescheii, Prevotella Intermedia, dan bakteri lainnya yang menghuni mulut.
 
Jika tidak dibersihkan secara rutin bakteri tersebut akan menyebabkan pembentukan plak dan juga senyawa berbau khususnya jika makanan yang dikonsumsi mengandung protein dan sulfur.
 
Dikutip Kabar Besuki dari chanel YouTube Pricebook Beauty, berikut ini cara menghilangkan bau mulut yang membandel.
 
1. Berkumur dengan air cuka dan air
 
Cara menghilangkan bau mulut yang cukup mudah adalah dengan berkumur menggunakan cuka apel dan air. Caranya, siapkan 1 - 2 sendok makan cuka apel dan segelas air. Tuang dan campurkan cuka dalam segelas air. 
 
Gunakan campuran tersbut untuk berkumur selama 3 - 5 menit pada pagi hari dan malam hari. Kemudian bilas mulutmu dengan berkumur menggunakan air biasa. Cara ini bikin nafasmu segar seketika. Agar hasilnya permanen, lakukan perawatan ini secara rutin.
 
2. Activated Charcoal
 
Saat ini activated charcoal atau bubuk arang aktif banyak digunakan sebagai pasta gigi untuk mendapatkan gigi putih dan senyum berkilau. Namun, activated charcoal juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara menghilangkan bau mulut secara alami. 
 
Caranya, siapkan setengah sendok teh activated charcoal dan sikat gigi. Balurkan bubuk arang ke sikat dan mulailah menyikat gigi. Kumur-kumur sampai bubuknya hilang. Gunakan dua sampai tiga kali seminggu sampai bau mulut hilang. Kamu bisa membeli activated charcoal ini di beberapa toko online.
 
3. Minyak kelapa
 
Bahan dapur satu ini sudah sejak lama dimanfanfaatkan untukk perawatan kecantikan. Saatnya kamu menggunakannya sebagai salah satu cara menghilangkan bau mulut. Untuk napas segar dan bebas bakteri kamu bisa memanfaatkan minyak kelapa. Caranya, sediakan sesendok makan minyak kelapa
 
Gunakan untuk berkumur selama 5-10 menit dan ludahkan. Selanjutnya, gunakan air hangat untuk membilas sisa-sisa minyak yang tertinggal di mulut.
 
4. Jahe
 
Tak sekedar mengobati tenggorokan yang sakit, perasan jahe bisa mengusir bau tak sedap di mulut. Caranya, pertama parut jahe. Kemudian campur parutan jahe dan air agar kamu mendapat perasan jus jahe. 
 
Jus jahe ini lalu dicampurkan ke air hangat, terus tinggal kamu pakai untuk berkumur. Lakukan perawatan ini setelah makan. Tak perlu setiap hari, kamu bisa melakukannya sekali dalam beberapa hari.
 
5. Daun mint dan parsley
 
Cara menghilangkan bau mulut selanjutnya adalah menggunakan daun mint dan parsley. Campurkan dua sendok makan parsley, daun mint, dan secangkir water ke dalam blender. Haluskan selama kurang lebih dua menit. 
 
Setelah itu, tuangkan ke dalam botol bersih dengan menggunakan saringan. Tutup rapat botol, atau Anda bisa menggunakannya langsung dengan cara membilas mulut menggunakan satu sendok makan ramuan tersebut, kemudian campurkan dengan air.***

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: YouTube


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X