Bahaya Polusi Udara Terhadap Kesehatan Otak, dapat Menurunkan Tingkat Kecerdasan dan Mengganggu Daya Ingat

- 4 Mei 2021, 14:41 WIB
Foto: Ilustrasi kota dengan polusi tinggi
Foto: Ilustrasi kota dengan polusi tinggi /Rianti S/pexels.com/ Erik Mclean

KABAR BESUKI - Sebuah penelitian menunjukkan, peningkatan sementara polusi udara dapat mengganggu ingatan dan pemikiran pria lansia.

Penelitian ini menemukan bahwa partikel udara penyebab polusi udara yang mengalami lonjakan tinggi, meskipun terjadi sementara dapat berbahaya bagi kesehatan otak.

Hal ini diketahui dari sebuah penelitian gabungan yang dilakukan oleh ilmuwan dari AS dan China. Mereka menggunakan data yang diperoleh dari 1.000 partisipan pria kulit putih dan berusia rata-rata 69 tahun.

Baca Juga: Suharso: Kontrasi Sekitar 0,6 Persen Sampai 0,9 Persen Akan Dialami Oleh Indonesia pada Kuartal I

Penelitian ini dilakukan kepada 1.000 partisipan yang tinggal di wilayah Greater Boston dengan memeriksa partikel udara PM2.5s, yaitu partikel udara yang lebih kecil dari 2.5 mikrometer.

Hasilnya adalah pria yang terpapar polusi udara, bahkan dengan lonjakan partikel yang hanya sementara, dapat mempengaruhi kinerja kognitif mereka seperti dilansir dari The Guardian.

Kinerja kognitif partisipan setelah terpapar menurun daripada sebulan sebelum mereka terpapar oleh partikel yang membuat polusi udara meningkat, bahkan ketika lonjakan partikel udara tersebut masih berada di bawah ambang batas yang disarankan oleh WHO.

Temuan ini juga didasarkan pada sebuah bukti yang menunjukkan jika paparan partikel halus di udara yang berasal dari kendaraan di jalan raya dan industri dpaat mempengaruhi banyak kondisi kesehatan.

Baca Juga: Alami Kenaikan pada Hari Ini Selasa 4 Mei 2021, Emas Antam Kini Berada di Level Rp930 Ribu per Gram

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: The Guardian


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X