Tips 10 Cara Hidup dengan Satu Ginjal dan Risiko yang harus Dihadapi

- 4 Mei 2021, 15:07 WIB
Foto Ilustrasi dokter menjelaskan fungsi ginjal kepada pasien
Foto Ilustrasi dokter menjelaskan fungsi ginjal kepada pasien /Aini/pixabay/@mohamed Hassan

KABAR BESUKI – Mungkin ada beberapa orang orang harus menjalani hidup dengan satu ginjal. Kondisi ini dapat disebabkan berbagai hal, mulai dari terlahir hanya dengan satu ginjal, melakukan operasi pengangkatan ginjal (nefrektomi) karena kondisi medis atau cedera, mengalami kerusakan pada salah satu ginjal, hingga melakukan donor ginjal.

Pada dasarnya manusia mempunyai dua ginjal, namun bisakah hidup dengan satu ginjal? Jawabannya adalah bisa. Apakah bisa dengan satu ginjal hidup sehat normal? Jawabannya tentu bisa.

Namun, harus mampu Anda mampu menjaga gaya hidup sehat sekaligus meminimalisir berbagai risiko hidup dengan satu ginjal sehingga ginjal yang tersisa tetap bisa berfungsi secara optimal.

Baca Juga: Isu Kejanggalan Tes Wawasan Kebangsaan Hingga Akan Dipecatnya Novel Santer Terdengar di KPK

Bagi orang yang hanya memiliki satu ginjal karena didonorkan atau menjalani pengangkatan ginjal, memiliki risiko gangguan kesehatan yang lebih tinggi sebagai efek samping donor ginjal dan operasi ini, jika dibandingkan dengan orang yang hidup dengan satu ginjal sejak lahir.

Fungsi ginjal yang hilang, baik karena pengangkatan atau kerusakan, sulit digantikan sehingga mengakibatkan penurunan fungsi ginjal secara keseluruhan menjadi setengahnya.

Di sisi lain, memiliki satu ginjal sejak lahir dapat membuat organ ini tumbuh lebih besar dan berfungsi dengan baik untuk menjalankan peran layaknya dua ginjal. Sehingga, sebagian besar dari mereka bisa menjalani kehidupan dengan normal dan sehat.

Baca Juga: Kekayaan Bill Gates Capai Lebih dari 100 Miliar Dollar, Setelah Menikah dengan Melinda

Meski demikian, orang yang hidup dengan satu ginjal bukan berarti bebas dari risiko. Dengan mempunyai satu ginjal kemungkinan memiliki risiko yang lebih tinggi, dilansir dari SehatQ ada beberapa kondisi yang berpotensi berbahaya sebagai efek pada orang yang hidup dengan satu ginjal, seperti:

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: sehatq


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X