Mengenal Apa Itu Empty Sella Syndrome yang Diderita Ruben Onsu, Lengkap dengan Penyebab dan Gejala

- 28 Juli 2022, 10:52 WIB
Ilustrasi penyakit Empty Sella Syndrome/
Ilustrasi penyakit Empty Sella Syndrome/ /pexels.com/Mart Production /

KABAR BESUKI – Beberapa waktu lalu Ruben Onsu mengaku mengidap Empty Sella Syndrome usai berobat ke Singapura. Hal tersebut diakui Ruben Onsu melalui laman YouTube MOP Channel saat acara Deep Talk with Ruben dengan Irfan Hakim.

Lalu sebenarnya apa itu Empty Sella Syndrome? Empty Sella Syndrome adalah kelainan langka yang ditandai dengan pembesaran atau malformasi struktur di tengkorak yang dikenal sebagai sella tursika.

Sella tursika adalah lekukan berbentuk pelana yang terletak di tulang di dasar tengkorak (tulang sphenoid), di mana terdapat kelenjar hipofisis. Pada Empty Sella Syndrome, sella tursika sebagian diisi dengan cairan serebrospinal dan kelenjar hipofisis terkait yang sangat kecil yang terletak di dasar sella (sella sebagian kosong) atau terisi penuh dengan cairan serebrospinal tanpa kelenjar hipofisis yang divisualisasikan (sella benar-benar kosong).

Baca Juga: Empty Sella Syndrome: Pengertian, Penyebab, Gejala, dan Cara Penanganannya

Untuk mengetahui kondisi ini hanya dapat dilakukan melalui CT scan dan MRI. CT-scan menggunakan sinar-X dan komputer untuk membuat gambar tubuh Anda. Ini membantu menemukan masalah. Sedangkan MRI menciptakan tampilan 2-D dari organ atau struktur internal, terutama otak atau sumsum tulang belakang.

-Tanda & Gejala

Gejala Empty Sella Syndrome dapat bervariasi dari satu orang ke orang lain dan tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Dalam kebanyakan kasus, terutama pada individu dengan Empty Sella Syndrome primer, tidak ada gejala terkait (asimptomatik).

Seringkali, Empty Sella Syndrome ditemukan secara kebetulan pada pemeriksaan CT atau MRI ketika individu sedang dievaluasi karena alasan lain.

Baca Juga: 4 Manfaat Mengonsumsi Gochujang untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Membakar Lemak

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah