Freida Lim Atlet Asal Singapura Sebagai Peserta Perempuan Pertama yang Berhasil Lolos ke Olimpiade Tokyo

- 4 Mei 2021, 15:12 WIB
Ilustrasi penyelam/Pexels/Mael Balland
Ilustrasi penyelam/Pexels/Mael Balland /Bayu/

KABAR BESUKI - Setelah harus melewati cobaan dan kesengsaraan, penyelam asal Singapura Freida Lim dengan menggoda hampir mendapatkan tiket yang didambakan ke Olimpiade Tokyo. Dia akan menjadi penyelam wanita pertama Singapura di Olimpiade Olahraga empat tahunan jika tempatnya telah dikonfirmasi.

Dengan skor lima penyelaman 289,60, ia menempatkan 11 dari 35 atlet dalam penyisihan platform 10m putri di Piala Dunia Selam Fina di Tokyo, Jepang pada Selasa, 4 Mei 2021 untuk lolos ke semifinal 18 pada Rabu.

Pada kompetisi ini, hingga 18 tempat Olimpiade per acara diperebutkan untuk setiap negara yang belum mengamankan dua tempat, yang berarti pemain berusia 23 tahun itu sudah pasti lolos dan menunggu konfirmasi Fina, sebagaimana dilansir Kabar Besuki melalui laman Straits Times.

Baca Juga: Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin Berharap Pasar Murah Bisa Bantu Ekonomi Masyarakat

Freida Lim adalah perenang kompetitif ketika dia masih kecil, tetapi didiagnosis dengan penyakit Grave atau kelainan autoimun yang menyebabkan kelenjar tiroid terlalu aktif, juga dikenal sebagai hipertiroidisme ketika dia berusia 13 tahun.

Sementara fungsi tiroidnya menjadi normal setelah dua tahun melalui pengobatan, dia harus beralih ke olahraga yang tidak terlalu berbasis ketahanan dan memilih menyelam karena ketertarikannya pada kolam renang.

Potensi selam Freida Lim dikonfirmasi ketika ia mengklaim medali perak bersama Myra Lee di platform 10m kategori putri dan perunggu di platform 10m kategori putri di SEA Games 2015 di kandang sendiri.

Baca Juga: Tips 10 Cara Hidup dengan Satu Ginjal dan Risiko yang harus Dihadapi

Dia mengikutinya dengan empat medali perak di acara-acara yang disebutkan di atas, serta platform 10m campuran dan acara tim campuran dengan Jonathan Chan di SEA Games 2017. Freida Lim tidak ambil bagian dalam edisi berikutnya karena tidak ada acara platform.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: Strait Times


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X