Mengenal Arti Pramuka, Sejarah, Lambang, dan Filosofi Warna Seragam

- 12 Agustus 2022, 18:41 WIB
Arti Pramuka, Lambang, Warna Seragam, dan Sejarahnya
Arti Pramuka, Lambang, Warna Seragam, dan Sejarahnya /Freepik/

KABAR BESUKI – Sebentar lagi masyarakat Indonesia akan memperingati Hari pramuka yang jatuh pada 14 Agustus 2022. Hari Pramuka yang diperingati setiap tahun ini memiliki sejarah yang panjang dan setiap atributnya memiliki makna sendiri.

Arti Pramuka

Pramuka sendiri merupakan sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka. Kata ‘Pramuka’ merupakan singkatan dari Praja Muda Karana yang berarti rakyat muda yang suka berkarya.

Istilah ini diprakarsai oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX yang merupakan bapak Pramuka Indonesia. Saat mencetuskan istilah Pramuka, beliau terinspirasi dari kata Poromuko yang berarti pasukan terdepan dalam perang.

Baca Juga: Sejarah Hari Pramuka yang Diperingati Setiap 14 Agustus di Indonesia

Sejarah Hari Pramuka

Berbicara tentang sejarah Pramuka di Indonesia, tidak akan terlepas dari sejarah internasional terbentuknya organisasi kepanduan. Gerakan ini pertama kali dicetuskan oleh Lord Robert Baden Powell of Gilwell seorang anggota angkatan darat di Inggris.

Awalnya gerakan ini ditujukan untuk membina kaum muda Inggris yang terlibat dalam tindak kekerasan dan kriminal di tahun 1907. Pembinaan inilah yang kemudian berkembang menjadi gerakan kepanduan.

Pada tahun 1906-1907, Robert menulis buku Scouting for Boy ya tentang panduan bagi remaja untuk melatih keterampilan dan ketangkasan, cara bertahan hidup, hingga pengembangan dasar-dasar moral. Apa yang dicetuskan Robert Baden-Powell ini kemudian menyebar ke seluruh dunia dan menjadi gerakan Kepanduan, yang di Indonesia disebut dengan Pramuka.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Berbagai Sumber


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x