Anda Bingung Bagaimana Cara Melakukan Isolasi Mandiri Setelah Pergi Liburan? Simak Ulasan Berikut!

- 8 Januari 2021, 07:46 WIB
ilustrasi Isolasi Mandiri
ilustrasi Isolasi Mandiri /pixabay

KABAR BESUKI - Liburan pada bulan Desember 2020 membuat banyak masyarakat yang menikmati waktu liburannya dengan pergi keluar kota. 

Hal itu membuat bertambahnya kasus penyebaran Covid-19 di Indonesia. Banyak juga masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

Lalu apa maksud dari Isolasi Mandiri? Isolasi Mandiri merupakan bagian dari protokol penanganan virus corona yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan.

Baca Juga: Segera Dapatkan Promo Diskon Indomaret 'JSM' Hanya 3 Hari! Berlaku Mulai Tanggal 8-10 Januari 2021

Isolasi mandiri sendiri perlu dijalankan supaya ruang isolasi di rumah sakit bisa digunakan oleh orang-orang dengan kondisi penyakit yang sudah parah dan butuh penanganan intensif.

Hal ini dikarenakan infeksi virus corona merupakan penyakit self limiting disease. Jenis penyakit ini bisa sembuh sendiri jika daya tahan tubuh penderita baik.

Selain yang terinfeksi, isolasi mandiri sebaiknya dilakukan setelah berpergian ke luar kota. Dan inilah syarat dan cara yang dilakukan saat melakukan Isolasi Mandiri.

Baca Juga: Awas Keliru! Ini 8 Mitos Tentang Nutrisi yang Sering Salah untuk Dipahami

  1. Selalu memakai masker dan membuang masker bekas di tempat yang ditentukan. 
  2. Jika sakit (ada gejala demam, flu, dan batuk), maka tetap di rumah. jangan pergi bekerja, sekolah, ke pasar, atau ke ruang publik untuk mencegah penularan masyarakat. 
  3. Manfaatkan fasilitas telemedicine atau sosial media kesehatan dan hindari transportasi publik. Beritahu dokter dan perawat tentang keluhan dan gejala, serta riwayat bekerja ke daerah terjangkit atau kontak dengan pasien Covid-19.
  4. Selama di rumah, bisa bekerja dari rumah. Gunakan kamar terpisah dari anggota keluarga lainnya, dan jaga jarak 1 meter dari anggota keluarga. 
  5. Lakukan pengecekan suhu harian, amati batuk dan sesak napas. Hindari pemakaian bersama peralatan makan dan mandi dan tempat tidur. 
  6. Terapkan perilaku hidup sehat dan bersih, serta konsumsi makanan bergizi, mencuci tangan dengan sabun dam air mengalir dan lakukan etika batuk dan bersin. 
  7. Jaga kebersihan dan kesehatan rumah dengan cairan desinfektan. Selalu berada di ruang terbuka dan berjemur di bawah sinar matahari setiap pagi (sekitar 15-30 menit).
  8. Hubungi segera fasilitas pelayanan kesehatan jika sakit berkelanjutan seperti sesak napas dan demam tinggi, untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.    

Baca Juga: Jomblo dan Ingin Punya Pacar? Inilah 6 Cara Romantis Supaya Anda Bisa Mendekati Wanita

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Kontan.co.id


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah