Gunung Raung Keluarkan Suara Dentuman Keras, BPBD Jember: Tenang dan Jangan Panik!

- 3 Februari 2021, 09:45 WIB
Potret Gunung Raung yang tampak tertutup awan terlihat dari Desa Garahan, Silo, Jember, Jawa Timur pada Kamis, 21 Januari 2021.
Potret Gunung Raung yang tampak tertutup awan terlihat dari Desa Garahan, Silo, Jember, Jawa Timur pada Kamis, 21 Januari 2021. /Antara/Seno/

KABAR BESUKI - Aktifitas Gunung Raung mengalami peningkatan selama beberapa hari terakhir. Statusnya kali ini sudah mencapai siaga 2 atau waspada.

Gunung Raung merupakan salah satu gunung destinasi para pendaki yang cukup diminati. Gunung ini tergolong yang masih aktif hingga saat ini. Terlepas dari itu, gunung ini menyediakan pemandangan alam yang indah

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember mengatakan himbauan agar warga yang berada di lereng gunung tidak panik usai suara gemuruh yang terjadi.

Baca Juga: Cekcok dengan Penonton, Lebron James: Saya Bahagia Fans Kembali ke Pertandingan

Gunung yang berada di perbatasan kabupaten Bondowoso, Banyuwangi, dan Jember ini beberapa kali mengeluarkan suara gemuruh yang terdengar oleh warga di sekitar lereng gunung.

"Kami terus melakukan pemantauan terhadap aktivitas Gunung Raung dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait dengan peningkatan aktivitas gunung yang memiliki ketinggian 3.332 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Jember sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari Antara.

BPBD Jember telah melakukan upaya sosialisasi untuk menenangkan suasana dan berharap warga Desa Gunung Malang, Kecamatan Sumberjambe, Kabupaten Jember tidak termakan isu-isu yang tidak benar terhadap kejadian ini.

Baca Juga: Peneliti Temukan Antibodi di Plasenta Wanita Hamil yang Terinveksi COVID

"Kami akan memberikan informasi terkait dengan aktivitas Gunung Raung, sehingga kami imbau warga tetap tenang dan tidak panik lebih dulu sebelum mendapatkan informasi dari sumber resmi," kata Heri.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

x