Gunung Merapi Sudah Empat Kali Meluncurkan Guguran Lava Pijar, dengan Jarak 900 Meter

- 3 Februari 2021, 11:39 WIB
meluncurkan guguran lava pijar dengan jarak luncur maksimum 900 meter
meluncurkan guguran lava pijar dengan jarak luncur maksimum 900 meter /Instagaram/@syaiful_rizal

KABAR BESUKI - Pada Hari Selasa, tanggal 2 Februari 2021 pukul 00.00 WIB, Gunung Merapi  sudah tercatat 10 kali meluncurkan guguran lava pijar.

Jarak luncur maksimum saat itu 800 meter ke arah barat daya dengan deformasi yang terukur dari Pos Babadan rata-rata 0,3 cm per hari dalam tiga hari.

Dan Gunung Merapi yang ada di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta sudah empat kali meluncurkan guguran lava pijar dengan jarak luncur maksimum 900 meter ke arah barat daya, arah hulu Kali Krasak dan Boyong, pada Rabu pukul 00.00 WIB sampai 06.00 WIB.

Baca Juga: Ternyata Pekerjaan Luar Ini Dapat Turunkan Risiko Kanker Payudara Pada Wanita

Saat ini BPPTKG (Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi) masih mempertahankan status Gunung Merapi pada Level III atau Siaga. 

Dikutip dari laman Antaranews.com, Menurut Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida, selama periode pengamatan itu Merapi juga mengalami 24 kali gempa guguran dengan amplitudo 3-21 mm selama 13-109 detik dan satu kali gempa hembusan dengan amplitudo 7 mm selama 16 detik.

Asap tidak terlihat keluar dari puncak kawah Gunung Merapi, selama pengamatan dilakukan awan mendung yang diliputi angin yang bertiup lemah ke arah selatan.

Baca Juga: Warga Malang Dihebohkan Suara Dentuman Misterius, PVMBG Pastikan Bukan dari Letusan Gunung Raung

Guguran lava dan awan panas Merapi akan diperkirakan berdampak sampai wilayah sektor selatan-barat daya, yaitu meliputi Sungai Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih.

Dan apabila terjadi letusan, lontaran material vulkanik dari Gunung Merapi dapat menjangkau radius tiga km dari puncak gunung.***

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Antaranews.com


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x