Warga Malang Dihebohkan Suara Dentuman Misterius, PVMBG Pastikan Bukan dari Letusan Gunung Raung

- 3 Februari 2021, 11:10 WIB
Gunung Raung.
Gunung Raung. /pmjnews.com

KABAR BESEUKI - Warga Malang Raya Jawa Timur dihebohkan dengan suara dentuman misterius pada Selasa 3 Januari 2021 dini hari tadi sekitar pukul 23.40 WIB. Suara dentuman tersebut terdengan beberapa kali hingga sampai menggetarkan sebagian kaca rumah warga.

Namun hingga sampai saat ini, masih belum ada kejelasan resmi asal muasal sumber suara dentuman tersebut.

Suara dentuman di Malang juga menjadi perbincangan hangat di media sosial. Sebagian besar warganet menduga bahwa dentuman tersebut berasal dari Gunung Semeru ataupun Gunung Raung yang menunjukkan peningkatan aktivitas vulkanis dalam beberapa hari terakhir.

Baca Juga: FNC Entertainment Umumkan Launching Label Musik Terbaru untuk Trot Music dan Girl Group Februari Ini

Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) Pos Pemantauan Gunung Api (PPGA) Raung menyebut suara dentuman yang terjadi di Malang bukan berasal dari erupsi Gunung Raung.

"Kami rasa jarak ratusan kilometer kurang memungkinkan, apalagi dari malam hingga pagi ini arah angin dominan ke timur," kata Petugas PPGA Raung, Burhan Alethea saat dikonfirmasi, Rabu 3 Januari 2021.

Kata dia, aktivitas Gunung Raung memang terjadi peningkatan. Suara bergemuruh yang terdengar dari gunung sudah sangat intens. Secara visual juga terlihat cahaya api dari puncak kawah berdasarkan pantauan enam jam terakhir.

Baca Juga: Sudah Dekat, 6 Rekomendasi Film Korea untuk Rayakan Valentine di Rumah Tengah Pandemi

Erupsi gunung juga teramati, mengeluarkan semburan ketinggian berkisar 500 hingga 1000 meter di atas puncak kawah.

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x