Tahukah Anda Berapa Banyak Manusia yang Hidup di Bumi? Ternyata Populasi Indonesia Terbanyak Nomor 4 Loh!

- 4 Februari 2021, 21:50 WIB
ILUSTRASI Populasi
ILUSTRASI Populasi /.*/PIXABAY

KABAR BESUKI – Manusia merupakan mamalia besar dengan jumlah populasi terbanyak di bumi. Menurut biro sensus Amerika Serikat, kamu adalah salah satu dari sekitar 7,7 miliar orang yang hidup di bumi saat ini.

2000 tahun lalu, jumlah populasi manusia hanya mencapai 170 juta orang dan berkembang pesat selama berabad-abad.

Dilansir dari Reader’s Diggest, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memperkirakan jumlah populasi secara global tumbuh dengan kecepatan 250 kelahiran setiap menit, dan diperkirakan populasi manusia akan mencapai 11 miliar pada tahun 2100 nanti.

Baca Juga: Berikut Ini Cara untuk Mengetahui Apakah masker Anda Bisa Melindungi Terhadap Covid-19?

Namun, dengan populasi yang berkembang pesat ini, tantangan lain muncul. Tantangan tersebut berupa permintaan tinggi untuk sumber daya alam seperti makanan, air, ikan, dan tanah.

Hal lain yang menjadi dampak adalah bahaya limbah yang akan terus bertambah seiring perkembangan waktu.

Negara-negara kaya mengonsumsi diluar proporsi penduduk mereka. Menurut Worldwatch Institute, sebuah thik tank tentang lingkungan, bumi memiliki 1,9 hektar lahan perorang untuk hidup.

Dalam hal ini bisa berupa menanam bahan makanan dan tekstil, memasok kayu dan menyerap limbah. Tetapi rata-rata orang Amerika menggunakan 9,7 hektar perorang.

Data tersebut, jika diterapkan dengan seksama akan mendukung setidaknya seperlima populasi saat ini dapat hidup dengan standar orang Amerika.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Reader's Digest


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x