Banyuwangi Kota Santet! 5 Fakta Mengejutkan Mistisnya Tempat Ini, Termasuk Paling Angker di Indonesia

- 5 Februari 2021, 13:24 WIB
ilustrasi dukun
ilustrasi dukun /pixabay

KABAR BESUKI - Baru-baru ini publik dihebohkan dengan adanya dukun di Banyuwangi yang akan menggelar festival santet dan akan kenalkan destinasi mistis.

Diketahui bahwa Kabupaten Banyuwangi ebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibu kotanya adalah Kota Banyuwangi.

Kabupaten ini terletak di ujung paling timur pulau Jawa, di kawasan Tapal Kuda, dan berbatasan dengan Kabupaten Situbondo di utara, Selat Bali di timur, Samudra Hindia di selatan serta Kabupaten Jember dan Kabupaten Bondowoso di barat.

Entah mengapa mendengar kata-kata Banyuwangi, banyak orang yang merinding dengan hal mistisnya hingga tempat-tempat angker di dalamnya.

Lantas, hal-hal apa saja yang menarik di Banyuwangi? Simak ulasan berikut, sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari beberapa sumber yang ada.

Baca Juga: 10 Ciri-ciri Pertanda Hati Manusia Mati, Salah Satunya Sibuk dengan Aib Orang Lain

1. Banyuwangi kota santet

Banyuwangi terkenal sebagai kota santet, bahkan saking familiarnya santet, dulu ada sebuah jargon yang mengatakan cukup lima ribu rupiah saja sudah bisa pesan santet. Teluh atau santet sudah jadi trademark Banyuwangi. Namun, bagi masyarakat Banyuwangi hal tersebut sangat lumrah. Bagaimana menurut Anda?

Unsur klenik di kota ini makin santer ketika terjadi tragedi dukun tahun 1998 lalu. Kejadian ini adalah pembantaian lebih 100 orang dukun yang dicurigai menyebarkan santet untuk membunuhi orang-orang alim dan masyhur lewat pasukan ‘ninja’ . Guru-guru ngaji, imam masjid atau ketua RT dan RW sering jadi korban para ninja ini. Fenomena tersebut menguap begitu saja dengan tidak ada kelanjutannya hingga saat ini.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Terkini

x