Profil Danke Dradjat, Mantan Presenter Berita RCTI yang Meninggal Dunia Tepat di Hari Pers Nasional

- 9 Februari 2021, 19:50 WIB
Danke Drajat
Danke Drajat /. /Facebook.com/Danke Drajat

KABAR BESUKI – Indonesia telah kehilangan salah satu sosok jurnalis senior yakni Danke Dradjat, yang dinyatakan telah meninggal dunia tepat di Hari Pers Nasional pada Selasa, 9 Februari 2021.

Almarhum dikenal oleh rekan dan sahabatnya sebagai sosok jurnalis senior yang memiliki dedikasi tinggi, profesional, dan sangat ramah kepada siapapun yang berinteraksi dengannya.

Danke mengawali debut karirnya sebagai jurnalis di Harian Umum Pikiran Rakyat, kemudian almarhum pun melanjutkan kiprahnya ke Majalah Prospek, sebuah media cetak yang bergerak di bidang pemberitaan terkait ekonomi dan bisnis.

Baca Juga: 8 Cara Inilah untuk Membersihkan Pikiran Anda Salah Satunya Jalan-Jalan

Seiring berjalannya waktu, almarhum dipertemukan dengan dunia pertelevisian swasta Indonesia yang baru menjamur pada dekade 1990an melalui RCTI bersamaan dengan bubarnya Majalah Prospek.

Di RCTI, almarhum bergabung bersama departemen news dan menjadi salah satu sosok yang berperan di balik kesuksesan program berita yang ditayangkan oleh stasiun televisi tersebut seperti Nuansa Pagi, Buletin Siang, Seputar Indonesia, dan Buletin Malam.

Bahkan, almarhum juga pernah tampil sebagai news anchor setidaknya pada salah satu dari keempat program tersebut dengan pembawaannya yang elegan di masanya dan mampu menyampaikan sejumlah berita menjadi lebih mudah dipahami oleh pemirsa.

Ketika terjun menjadi jurnalis lapangan bersama RCTI, almarhum turut ambil bagian dalam beberapa peristiwa penting bahkan hingga di daerah luar Jabodetabek.

Salah satunya adalah ketika meliput kasus percetakan sawah fiktif di Lampung pada masa pemerintahan Gubernur Oemarsono.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Facebook Bella Irana


Tags

Terkini

x