Vaksinasi COVID-19 Tahap Kedua Telah Dibuka, Berikut Tautan Pendaftaran Vaksin untuk Lansia

- 21 Februari 2021, 14:04 WIB
 ilustrasi vaksin
ilustrasi vaksin /pixabay/hakangerman
KABAR BESUKI - Kementrian Kesehatan Republik Indonesia kembali membuka vaksinasi COVID-19 tahap kedua untuk 34 ibukota provinsi.
 
Vaksinasi ditargetkan dibuka untuk lansia dan petugas pelayanan publik. Menteri Kesehatan Republik Indonesia Gunawan Sadikin menargetkan sejumlah 38 juta lansia dan petugas pelayanan publik.
 
"Alhamdulillah kalau dari sisi vaksinasi, minggu ini kami masuk ke tahap kedua yaitu tahap lansia dan tenaga kerja publik yang nanti akan segera kita mulai vaksinasi 38 juta peserta," kata Menkes Budi dalam konferensi pers Satuan Tugas Penanganan COVID-19 secara virtual di Jakarta, Sabtu.
 
Menkes mengatakan vaksinasi akan dilakukan hingga Juni 2021. Pelaksanaan vaksinasi kali ini membuthkan setidaknya 76 juta dosis vaksin.
 
Menkes juga menjelaskan upaya untuk menahan laju penyebaran virus. Upaya yang akan dilakukan oleh Menkes Budi yakni dari sisi diagnostik.
 
Fokusnya akan ditekankan pada tes, tracking, atau penelusuran korban dan isolasi.
 
"Kemudian, training-training ke Puskesmas juga sudah dilakukan agar semua Puskesmas yang memiliki rapid antigen bisa kemudian melakukan testing dari suspek dan kontak erat dan diharapkan lebih banyak yang bisa kita identifikasi dini untuk mengurangi laju penularan dan juga menurunkan positif rate," kata Menkes.
 
Sementara itu, untuk mengupayakan penelusuran kontak, Kemenkes juga akan melakukan kuantitas tracking.
 
"Kami berterima kasih sudah bekerja sama dengan Kapolri dan Panglima TNI untuk bisa menggerakkan seluruh Babinsa dan Bhabinkamtibmas di seluruh Puskesmas, desa dan kelurahan. Insya Allah di Senin nanti sudah lebih dari 5 ribu TNI dan Polri yang sudah kita train untuk menjadi tracer melengkapi atau menambahkan sekitar 5 ribu tracer yang sudah dipersiapkan BNPB," kata Menkes.
 
Untuk memenuhi target-target vaksinasi sejumlah 60 juta dosis tersebut, Kemenkes memudahkan pendaftaran yang dapat dilakukan secara online.
 
Berikut adalah daftar tautan untuk pendaftaran tersebut:
tersebut.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x