Banyak Nakes yang Positif Covid-19 Saat Divaksin? Ini Penjelasan Kemenkes

- 23 Februari 2021, 10:43 WIB
Ilustrasi Vaksin.
Ilustrasi Vaksin. //Pixabay/fernandozhiminaicela

KABAR BESUKI - Kabar Virus Covid-19 yang terjadi di Indonesia saat ini sudah banyak pasien yang sembuh daripada pasien yang terpapar virus Covid-19.

Tak dipungkiri, sudah banyak warga yang menjadi korban karena virus Covid-19 ini, saat ini penanganan sudah mulai dilakukan oleh pemerintah Negara RI.

Saat ini banyak Nakes (Tenaga Kesehatan) yang terinveksi virus Covid-19, dan saat akan divaksin mereka sudah terpapat virus Covid-19.

Baca Juga: Layak Diacungi Jempol, Instagram Menambah Fitur Baru untuk Mendukung Orang Penderita Gangguan Makan

Dilansir dari PMJNEWS.com, Siti Nadia Tarmidzi mengklarifikasi, "Ini sebagian besar (nakes) itu terinfeksi Covid-19 lebih dulu sebelum menerima vaksin tahap pertama".

"Masa inkubasi dari virus Covid-19 adalah 1-14 hari, sehingga ini jelas sangat mungkin jika tenaga kesehatan terpapar corona sebelum menerima vaksin yang disediakan," sambungnya.

Baca Juga: Heboh, Kejaksaan Agung Menuntut Pelaku Dugaan Korupsi PT Asabri Dipenjara Seumur Hidup

Masa inkubasi virus corona sendiri adalah dua pekan. Dengan kondisi itu, tidak menutup kemungkinan tenaga kesehatan terpapar Covid-19 sebelum vaksinasi.

vaksin tahap pertama yang diberikan akan memicu respon dari kekebalan tubuh, sementara pada tahap kedua barulah terjadi pelindungan imun dari vaksin pertama yang telah diberikan.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: PMJNews


Tags

Terkini

x