Ngeri! Potensi Akan Gelombang Tinggi di Pesisir Selatan Jawa Timur, BMKG Peringatkan Para Nelayan

- 25 Februari 2021, 10:15 WIB
Ngeri! Potensi akan Gelombang Tinggi di Pesisir Selatan Jawa Timur, BMKG Peringatkan Para Nelayan
Ngeri! Potensi akan Gelombang Tinggi di Pesisir Selatan Jawa Timur, BMKG Peringatkan Para Nelayan / laman resmi BMKG

KABAR BESUKI - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan nelayan akan potensi gelombang tinggi akibat adanya pusat tekanan rendah di bagian selatan Samudera Hindia, Jawa Timur.

Eko Prasetyo selaku menjabat sebagai Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG, yang dihubungi Rabu dari Surabaya, memperingatkan agar memperhatikan beberapa risiko tinggi bagi keselamatan navigasi.

"Kami meminta masyarakat yang tinggal dan beroperasi di pesisir pantai di sekitar wilayah berisiko tinggi gelombang kuat tetap waspada," kata Eko Prasetyo.

Baca Juga: Asik! Turnamen Piala Eropa 2020 Tetap Digelar Pertengahan Tahun Ini, Penonton Bisa Datang ke Stadion

Dia mengatakan, kapal nelayan harus waspada terhadap angin di atas 15 knot dan ketinggian gelombang di atas 1,25 meter, termasuk kapal tongkang, feri, dan kargo.

“BMKG mendeteksi adanya pusat tekanan rendah di perairan selatan Nusa Tenggara yang berpotensi menjadi bibit siklon tropis. Termasuk di beberapa wilayah perairan, tidak menutup kemungkinan terjadi gelombang tinggi karena adanya pusat tekanan rendah di bagian selatan Samudera Hindia, sebelah timur Jawa, ” tutur Eko Prasetyo.

Dia juga menjelaskan, bibit siklon terpantau di Samudera Hindia selatan Jawa Timur dengan posisi sekitar 13,7 derajat LS-116,3 derajat Bujur Timur atau sekitar 625 kilometer lepas pantai dari Pulau Jawa.

“Kecepatan angin maksimum di sekitar sistem benih siklon sekitar 25 knot (46 km / jam),” kata Eko.

Dia mengatakan, data angin dasar menunjukkan sirkulasi di lapisan bawah yang ideal untuk model pertumbuhan siklon tropis, di lapisan 700 mb dan 500 mb sirkulasi tampak sedikit melebar dan bergeser ke utara.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Antaranews.com


Tags

Terkini

x