Orang yang Telah Terpapar COVID-19, Memiliki Antibodi Perlindungan Virus Lebih Kebal dari Sebelumnya

- 25 Februari 2021, 10:30 WIB
 stop covid-19
stop covid-19 //fernandozhimnacela/pixabay

KABAR BESUKI – Tahukah Anda bahwa, seorang yang telah terpapar COVID-19 dan berhasil sembuh, sebenarnya memiliki antibodi yang memungkinkan dapat melindungi dari serangan virus selanjutnya, setidaknya selama beberapa bulan.

Orang yang dites positif antibodi setelah sakit dengan virus yang menyebabkan COVID-19 mungkin memiliki perlindungan terhadap infeksi ulang setidaknya selama beberapa bulan, menurut sebuah studi baru.

Peneliti dari National Institutes of Health menganalisis 3 juta hasil tes antibodi, juga dikenal sebagai tes serologi, dari lima laboratorium komersial dan dua perusahaan analisis data perawatan kesehatan antara Januari sampai Agustus 2020.

Baca Juga: Live di SCTV dan Champions TV 2, Inilah Preview dan Line-up Leg 2 32 Besar UEL antara Man Utd vs Real Sociedad

Para peneliti menemukan bahwa orang yang memiliki antibodi setelah terpapar, persentase tertular virus lagi hanya sekitar sepersepuluh orang.

Mereka yang tidak memiliki antibodi tersebut, ketika di tes antibodi hasilnya positif terhadap virus 90 hari setelah tes antibodi awal mereka.

Setelah 90 hari, hasil tes yang positif kemungkinan besar muncul infeksi baru, bukan penularan virus dari infeksi aslinya.

"Data dari penelitian ini menunjukkan bahwa orang yang memiliki hasil positif dari tes antibodi komersial tampaknya memiliki kekebalan substansial terhadap SARS-CoV-2, yang berarti mereka mungkin berisiko lebih rendah untuk infeksi di masa depan," Dr. Lynne Penberthy, rekan. direktur program penelitian pengawasan Institut Kanker Nasional, yang memimpin penelitian tersebut, mengatakan dalam sebuah pernyataan, dikutip dari abcnews.go.com.

Baca Juga: Percintaan Zodiak Hari Ini, 25 Februari 2021: Taurus Jalani Hubungan Awet dan Pisces Terkejut

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: abcnews.go.com


Tags

Terkini

x