Microsoft Sebut Ketidaksopanan Indonesia Tertinggi, Ridwan Kamil : Galak di Medsos, Santun Ketika Bertemu

- 26 Februari 2021, 12:58 WIB
Ilustrasi Hoax
Ilustrasi Hoax /,*/PIXABAY

KABAR BESUKI – Microsoft beberapa waktu lalu telah merilis laporan terbaru terkait tingkat kesopanan pada pengguna internet yang dinamai dengan 20200 digital Civility Index (DCI).

Laporan tersebut berdasarkan survei tentang kualitas interaksi online tahun 2020 yang diikuti sekitar 16.000 responden yang berada di 32 negara.

Survei ini dilakukan pada bulan April hingga mei 2020 dan memiliki sistem penilaian dengan skala 0 hingga 100, dimana semakin tinggi skor, menandakan tingkat kesopanan di suatu negara semakin rendah.

Baca Juga: Kucing Makan Banyak Tetapi Berat Badannya Tetap Turun? Waspadai! Mungkin Terkena Penyakit Parah Ini

Dalam survei ini, indonesia diketahui menempati urutan tertinggi se AsiaTenggara, dalam hal ketidaksopanan di internet. Dan menduduki peringkat ke 29 dari 32 negara di seluruh dunia.

DCI juga menyebutkan bahwa Singapura menduduki peringkat tertinggi kesopanan se Asia tenggara, sedangkan tingkat global, ditempati oleh Belanda sebagai negara tersopan.

Dilansri dari Mashable tanggal 24 Februaru 2021, Regional Digital Safety Lead, Liz Thomas mengatakan,”Studi tahunan kesopanan digital ini penting untuk meningkatkan kesadaran dan mendorong interaksi positif secara online”.

Dalam laporan DCI, terdapat 3 sebab yang menyebabkan Indonesia mendapatkan gelar ini,yaitu diskriminasi, ujaran kebencian dan hoax. Data tentang tingkatan hoax di Indonesia meningkat ebanyak 13%, ujaran kebencian naik 5% sedangkan diskriminasi turu sebanyak 2%.

Data tersebut juga mencakup tingkat bullying di Indonesia sebanyak 47% dimana 12% terjadi di lingkungan kerja.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Instagram @movreview


Tags

Terkini

x