Kucing Makan Banyak Tetapi Berat Badannya Tetap Turun? Waspadai! Mungkin Terkena Penyakit Parah Ini

- 26 Februari 2021, 12:52 WIB
Ilustrasi Kucing
Ilustrasi Kucing /,*/PIXABAY

KABAR BESUKI – Pemilik kucing, tentu sangat menyukai dan sangat gemas jika kucing yang ia sukai bertubuh gemuk, karena sangat menggemaskan.

Tetapi, perlu diketahui bahwa tubuh gemuk pada kucing juga tidak baik untuk kesehatannya. Kucing yang sehat adalah kucing yang mempunyai berat badan ideal.

Kucing yang gemuk juga dipengaruhi pola makan, misal saja kucing yang tres, maka porsi dan waktu makannya akan lebih banyak.

Baca Juga: Peneliti Mengungkap, Usia Ideal Untuk Menikah antara 28-32 Tahun, Ternyata Ini Alasannya

Tapi, bagaimana jika kucing terus menerus makan tetapi ia tetap kurus dan malah berat badannya menurun? Dilansir dari Catster, kemungkinan kucing mengalami penurunan berat badan meskipun telah makan dalam jumlah banyak adalah Diabetes.

Diabetes adalah kelainan kelenjar paling umum kedua pada kucing, karena yang pertama adalah hipertiroidisme. Diabetes terjadi sebagai akibat dari masalah insulin, yakni hormon yang mengontrol kadar glukosa darah.

Mirip dengan manusia, kucing mengalami dua jenis diabetes, yaitu diabetes tipe 1 yang mana pankreas kucing tidak dapat memproduksi insulin yang cukup, dan diabetes tipe 2 yang mana pankreas tetap memproduksi insulin, tetapi sekresinya terganggu.

Diperkirakan mayoritas sebanyak 80% kucing penderita diabetes adalah penderita diabetes tipe 2. Meskipun diabetes dapat menyerang kucing tidak memandang usia, tetapi mayoritas kucing yang terkena diabetes usia 7 hingga 9 tahun. Keadaan ini diperparah jika kucing mengalami obesitas.

Baca Juga: 5 Tips Tampil Modis dan Kekinian Tanpa Perlu Sering Membeli Baju Baru

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: catster


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x