Mengejutkan! Telah Terjadi Inflasi di Februari 2021 Sebanyak 0,10 Persen Ternyata Disebabkan Oleh Hal Ini!

- 1 Maret 2021, 15:22 WIB
Mengejutkan! Terjadinya Inflasi di Februari 2021 Hingga Sebanyak 0,10 Persen Ternyata Disebabkan Oleh Hal Ini!
Mengejutkan! Terjadinya Inflasi di Februari 2021 Hingga Sebanyak 0,10 Persen Ternyata Disebabkan Oleh Hal Ini! /freepik/dashu83/jcomp kolase

KABAR BESUKI - Menurut catatan dari Badan Pusat Statistik (BPS) kenaikan harga cabai dan ikan segar menjadi pemicu inflasi Februari 2021 sebesar 0,10 persen.

"Cabai rawit dan ikan segar sama-sama menyumbang inflasi 0,02 persen pada Februari 2021," kata Suhariyanto selaku Kepala BPS.

Suhariyanto menyatakan hal tersebut melalui acara konferensi pers yang diselenggarakan di Jakarta, pada hari Senin tanggal 1 Maret 2021.

Baca Juga: Gara-Gara K-Pop! Nama YouTube Music Berakselerasi di Tengah Ketegangan Kakao M dan Spotify

Suhariyanto mengatakan, kenaikan harga cabai rawit terjadi di 65 kota Indeks Harga Konsumen (IHK) dengan kenaikan harga terbesar di Pangkalpinang 39 persen dan Merauke 38 persen.

Sementara itu, imbuhnya, kenaikan harga serupa juga terjadi pada produk ikan segar akibat cuaca buruk di beberapa daerah, sehingga nelayan tidak bisa melaut dan pasokan terbatas.

Sementara itu, bahan pokok yang membantu menekan inflasi adalah daging ayam dan telur ayam ras yang masing-masing memberikan sumbangan deflasi 0,02 persen, serta tomat dan cabai yang masing-masing menyumbang 0,01 persen.

Baca Juga: Terminator 3: Rise of the Machines Akan Tayang di Bioskop TransTV pada Senin 1 Maret 2021 Pukul 19.00 WIB

“Komoditi lain yang mengalami deflasi adalah harga emas yang turun dan berkontribusi 0,02% seiring penurunan harga emas batangan dan logam mulia yang berdampak pada harga emas perhiasan dibandingkan Januari di 78 kota IHK,” kata Suhariyanto.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Antaranews.com


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x