Memelihara Ikan dalam Akuarium Ternyata Bisa Atasi Stres dan Bikin Awet Muda lho, Ini Faktanya

- 1 Maret 2021, 18:37 WIB
Memelihara Ikan dalam Akuarium Ternyata Bisa Atasi Stres dan Bikin Awet Muda lho, Ini Faktanya
Memelihara Ikan dalam Akuarium Ternyata Bisa Atasi Stres dan Bikin Awet Muda lho, Ini Faktanya /Pexels

KABAR BESUKI -  Selama pandemic Covid-19, banyak orang yang memiliki hobi baru memelihara ikan. Ikan adalah binatang peliharaan yang cukup populer karena memiliki beragam jenis dan bentuk yang indah serta perawatannya yang mudah.

Dalam ilmu Fengshui, keberadaan ikan di dalam rumah bisa membawa keberuntungan bagi penghuni rumah. Sebab, ikan hias yang selalu bergerak dinilai dapat mengusir Chi (pengaruh) buruk yang berada di dalam rumah.

Tak hanya itu saja, sebuah penelitian mengungkapkan, melihat pergerakan ikan saat berenang di akuarium adalah cara ampuh untuk mengusir stress dan beban pikiran.

Baca Juga: Inilah 5 Program Lawas ANTV yang Dirindukan Milenial, Mulai Lensa Olahraga Hingga Planet Remaja

Dilansir Kabar Besuki dari Tonic Vice, studi tahun 2016 yang diterbitkan di Journal Environment and Behavior menunjukkan bahwa melihat ikan berenang di akuarium selama 10 menit dapat menurunkan tekanan darah dan denyut jantung.

Studi tersebut menilai respon fisik dan mental dari 112 partisipan, terhadap akuarium yang berisi beragam jenis ikan. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa mereka lebih rileks setelah melihat ikan berenang dalam akuarium.

Mengamati pergerakan ikan di akuarium juga dapat meningkatkan mood dan membuat seseorang lebih bahagia. Semakin seseorang sering bahagia, semakin banyak hormone oksitosin yang bekerja yang dapat membuat seseorang awet muda.

Mengamati ikan berenang di akuarium dapat menurunkan tekanan darah dan menyeimbangkan detak jantung. Hal tersebut akan mendatangkan suasana tenang dan nyaman bagi yang melihat.

Baca Juga: Sebelum Anda Tidur Stop Makan 6 Jenis Makanan Ini! Atau Akan Memberi Efek Buruk untuk Tubuh

Halaman:

Editor: Yayang Hardita


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x