Setahun Pandemi COVID-19 Melanda Indonesia, Ridwan Kamil: Kamu di Zona Mana?

- 2 Maret 2021, 13:23 WIB
Ilustrasi Covid-19.
Ilustrasi Covid-19. /OkeJambi/Pixabay/

KABAR BESUKI – Hari ini (Selasa, 2 Maret 2021) tepat memasuki satu tahun masuknya pandemi COVID-19 yang melanda wilayah Indonesia.

Pandemi COVID-19 memaksa banyak aktivitas masyarakat menjadi tidak berjalan dengan optimal sebagaimana mestinya, karena tingginya kekhawatiran publik akan penularan virus asal Wuhan ini.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sempat mengunggah sebuah pesan melalui feed di akun Instagram resminya, @ridwankamil mengenai adaptasi diri selama pandemi COVID-19 yang masih berlangsung hingga kini pada tahun lalu.

 Baca Juga: Mengejutkan! Tinta Cumi Sangat Bermanfaat Untuk Tubuh, Salah Satunya Melawan Maag dan Kanker

KAMU DI ZONA MANA? Masih zona ketakutan? Sudah move on di zona belajar? Atau sudah aktif menjadi agen di zona bertumbuh? Atau di zona “kita baiknyah temenan ajah”? Mari introspeksi. Pelajari dan Perbaiki,” tulis akun Instagram @ridwankamil pada caption dalam unggahan feed pada 6 April 2020 lalu.

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini membagi kelompok manusia sepanjang pandemi COVID-19 berlangsung dalam tiga zona, yakni zona ketakutan, zona bertambah, dan zona bertumbuh.

  1. Zona Ketakutan

Ini yang umumnya terjadi pada tahap pra-pandemi hingga awal pandemi. Banyak orang merasakan panik, takut, dan berbagai emosi negatif lainnya sehingga tidak ada pilihan lain selain harus bertahan di dalam rumah tanpa melakukan hal produktif apapun.

Bahkan tidak sedikit pula orang yang melakukan belanja secara berlebihan (panic buying) terutama untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari seperti masker, obat, makanan, dan lain-lain.

Sebagian orang bahkan mengeluhkan pandemi yang membuat mereka tidak bisa melakukan aktivitas sebagaimana mestinya.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: Instagram Ridwan Kamil


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah