Setelah Pelantikan Dilaksanakan, Kini Tinggal Menunggu Janji dari Pemimpin yang Baru

- 3 Maret 2021, 11:03 WIB
Setelah Pelantikan Dilaksanakan, Kini Tinggal Menunggu Janji dari Pemimpin yang Baru
Setelah Pelantikan Dilaksanakan, Kini Tinggal Menunggu Janji dari Pemimpin yang Baru /Instagram Resmi Khofifah @khofifah.ip

KABAR BESUKI - Ada yang menarik dari pelantikan 17 dari 19 kepala daerah Pilkada 2020 di Jawa Timur akhir pekan lalu, yakni munculnya beberapa anak muda sebagai bupati dan bupati, walikota, dan wakil walikota.

Di antara para pemimpin muda daerah, Mochammad Nur Arifin diangkat menjadi Bupati Trenggalek pada usia 31 tahun. Bisa dibilang Mas Ipin, panggilan akrabnya, adalah bupati dari kalangan milenial, sekaligus pendampingnya, wakil ketua Syah Muhammad Natanegara, yang seumuran.

Pimpinan daerah muda lainnya adalah Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali, 30, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (36), Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana (29), Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky (29 / dilantik Mei 2021), Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji (42 tahun / dilantik April 2021) dan Walikota Surabaya Eri Cahyadi (44 tahun).

Baca Juga: Prospek Bisnis Asuransi di Tahun 2021 Akan Tumbuh Positif Menurut Perkiraan OJK

Munculnya tokoh-tokoh muda ini memberikan ‘angin segar’ bagi masyarakat. Selain gesit dan bugar, kaum muda umumnya lebih visioner dan memiliki banyak ide inovatif untuk memajukan daerah.

Ini tidak berarti bahwa pemimpin daerah atau pemimpin ‘senior’ tidak visioner dan inovatif.

Kita bisa merefleksikan pengalaman Abdullah Azwar Anas yang memimpin Kabupaten Banyuwangi di usia 37 tahun dan sangat sukses sebagai Bupati untuk dua periode.

Banyuwangi yang sebelumnya hanya sedikit dikenal kini menjadi nama nasional dan internasional berkat sentuhan Azwar Anas dengan visi, misi, dan inovasinya yang berbeda. B

Banyak daerah dan instansi pemerintah pusat menjadikan kawasan yang dijuluki ‘Sunrise of Java’ itu sebagai tolak ukur pembangunan, mulai dari pelayanan publik hingga pariwisata.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Antaranews.com


Tags

Terkini

x