Waduh! Pengaduan Kekerasan Terhadap Perempuan di Indonesia Meningkat Selama Pandemi, Jakarta yang Terbanyak

- 6 Maret 2021, 09:33 WIB
Waduh! Pengaduan Kekerasan Terhadap Perempuan di Indonesia Meningkat Selama Pandemi, Jakarta yang Terbanyak
Waduh! Pengaduan Kekerasan Terhadap Perempuan di Indonesia Meningkat Selama Pandemi, Jakarta yang Terbanyak /Rianti Setyarini///twitter.com/ @KomnasPerempuan

KABAR BESUKI - Komisi Nasional Antikekerasan Terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) melaporkan sebanyak 299.911 perempuan di seluruh Indonesia mengalami kekerasan pada tahun 2020.

Sebelumnya di tahun 2019, kasus kekerasan pada perempuan berjumlah sebanyak 431.471 kasus.

Sehingga jumlah laporan kekerasan terhadap wanita di tahun 2020 berkurang secara signifikan, seperti dilansir dari Antaranews.

Baca Juga: Heboh! Varian Baru Virus COVID-19 Kembali Bermunculan, Ini Detail Lengkapnya

Namun penurunan tersebut lebih menitikberatkan pada  dokumentasi laporan yang diterima ketimbang kondisi riil kekerasan terhadap perempuan di dunia nyata.

Ketua Komnas Perempuan, Andy Yentriyani pada jumpa pers di Jakarta, Jumat 5 Maret 2021 mengatakan sebanyak 34 persen lembaga pengaduan yang mengembalikan kuesioner menyatakan terjadi peningkatan pengaduan kasus selama pandemi.

Data pengaduan ke Komnas Perempuan juga mengalami peningkatan drastis sebanyak 60 persen dari 1.412 kasus di tahun 2019 menjadi 2.389 kasus di tahun 2020.

Pengaduan tertinggi adalah kasus kekerasan terhadap istri, mantan pacar, dan pacar.

"Arus deras pengaduan ke Komnas Perempuan menunjukkan masa pandemi menghadirkan berbagai kerentanan baru kekerasan terhadap perempuan," kata Andy.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Antaranews.com


Tags

Terkini

x