KKP Selidiki Penyebab Mamalia Laut Yang Terdampar Massal di Laut Indonesia, Ternyata Gara-Gara Ini!

- 7 Maret 2021, 10:45 WIB
 pexels // user : Andre Estevez
pexels // user : Andre Estevez //Aliefa /

KABAR BESUKI - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bekerja sama dengan beberapa lembaga dan sejumlah pakar kelautan menyelidiki sejumlah kasus penyebab terdamparnya mamalia laut secara massal di berbagai wilayah di Indonesia.

"Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kejadian serupa (seperti paus pilot yang terdampar massal di Madura) tidak terulang lagi di masa mendatang," kata Tb Haeru Rahayu selaku Direktur Jenderal Tata Ruang Laut KKP.

Haeru Rahayu menyatakan hal tersebut dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, pada hari Minggu tanggal 7 Maret 2021.

Ia mengatakan hal itu sejalan dengan arahan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono untuk menjamin kelestarian biota laut dan keberlanjutan masyarakatnya demi kesejahteraan bangsa dan generasi mendatang.

Baca Juga: Peresmian Pembangunan Masjid Raya Sheikh, Karena Jokowi Sangat Berarti Bagi Pemerintahan Uni Emirat Arab 'UEA'

Memang, kata dia, mamalia laut merupakan biota laut yang terancam punah dan statusnya telah dilindungi sepenuhnya baik secara nasional maupun internasional.

Tb. Haeru Rahayu menjelaskan bahwa perairan Indonesia merupakan salah satu jalur migrasi mamalia laut (paus, lumba-lumba, duyung) ke seluruh dunia.

Dari 90 jenis mamalia laut yang ada di dunia, terdapat sejumlah 35 diantaranya ada di perairan Indonesia.

Salah satu ancaman mamalia laut di Indonesia adalah banyaknya mamalia laut yang terdampar di perairan Indonesia dari waktu ke waktu, ”ujarnya.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x