Ternyata Vaksin Moderna Dirancang untuk Mengubah DNA Manusia, Ini Faktanya

- 7 Maret 2021, 14:49 WIB
foto: ilustrasi vaksin
foto: ilustrasi vaksin /Prasetyo bagus p/ /pexels/artempodrez

KABAR BESUKI - Beredar postingan di Facebook berupa video berdurasi 12 menit 12 detik oleh akun bernama Jeanette Wilson.

Postingan yang mendapat likes 2 ribu kali menjelaskan sebuah artikel yang didapat dari akun Twitter @naomirwolf, artikel tersebut berisi penjelasan mengenai penemuan dan pengembangan vaksin Moderna, untuk melawan virus.

Di akhir video, pada menit ke 00:12:00 – 00:12:06, Jeanette Wilson memberikan kesimpulan setelah membaca keseluruhan artikel tersebut bahwa vaksin Moderna “dirancang untuk mengubah DNA manusia”.

Baca Juga: Mahasiswa, Butuh Jurnal untuk Tugasmu? Ini 7 Rekomendasi Situs Jurnal Internasional

Video hoax beredar
Video hoax beredar

Setelah dilakukan penelusuran fakta tim Kabar Besuki, pernyataan tersebut menyesatkan. Tidak benar bahwa vaksin yang berbasis mRNA seperti Moderna, Pfizer, BioNTech, dapat mengubah DNA manusia.

Hoaks serupa juga pernah diunggah di website turnbackhoax.id, diantaranya berjudul “[SALAH] Vaksin Covid-19 berbasis mRNA Dapat Mengubah DNA Manusia” dan “[SALAH] Vaksin COVID-19 Dapat Mengubah DNA Manusia”.

Salah satu relawan dokter Covid-19 di Indonesia, dr. Muhamad Fajri Adda'i, menyatakan bahwa vaksin yang berbasis mRNA menggunakan protein dari virus yang tidak aktif.

Baca Juga: Konsumsi Yoghurt Secara Rutin Ternyata Bisa Menjaga Kekebalan Tubuh di Tengah Pandemi Covd-19

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Facebook


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x