Simak Himbauan BMKG! Potensi Hujan Lebat yang Disertai Angin Akan Terjadi di Beberapa Daerah Ini

- 9 Maret 2021, 10:36 WIB
Simak Himbauan BMKG! Potensi Hujan Lebat Yang Disertai Angin Akan Terjadi di Beberapa Daerah Ini
Simak Himbauan BMKG! Potensi Hujan Lebat Yang Disertai Angin Akan Terjadi di Beberapa Daerah Ini /Aliefia rizky///tangkapan layar video YouTube BMKG

KABAR BESUKI - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksikan beberapa wilayah di Indonesia berpotensi hujan deras disertai petir dan angin, seperti di sejumlah wilayah di Jawa dan Sumatera, Selasa.

Berdasarkan peringatan dini yang dikeluarkan BMKG, sirkulasi siklon yang terpantau di Samudera Pasifik sebelah utara Papua membentuk kawasan perlambatan kecepatan angin atau konvergensi longitudinal di Papua Barat sehingga meningkatkan potensi tumbuhnya awan hujan.

Zona konvergensi juga terlihat membentang dari selatan Jawa Barat hingga Jawa Tengah, dari Kalimantan Tengah bagian utara hingga Kalimantan Timur Tengah, serta hingga Papua tengah, demikian informasi yang dihimpun ANTARA di Jakarta, Selasa.

Baca Juga: Minyak Mulai Turun, Hingga Abagaikan Serangan Terhadap Saudi Setelah Naik di Atas 70 Dolar

Provinsi yang kemungkinan besar akan mengalami hujan lebat disertai petir atau kilat dan angin kencang hari ini, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Selain itu Bali, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Di DKI Jakarta, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Selatan, BMKG diprediksi berpotensi turun hujan.

Selain itu, juga terdapat kemungkinan lebih dari 60 persen curah hujan melebihi 50 milimeter (mm) untuk wilayah Jawa Timur dan Sulawesi Selatan.

Baca Juga: Terbongkar! Korupsi 100 Miliar Miras DKI Ternyata Anis Baswedan Gunakan untuk Hal Ini, Cek Fakta Ini

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Antaranews.com


Tags

Terkini