Orang dapat Mengembangkan Persepsi Negatif Tentang Anda Jika Berkomunikasi dengan Cara Ini

- 10 Maret 2021, 10:28 WIB
Ilustrasi komunikasi individu
Ilustrasi komunikasi individu /Unsplash.com/Amy Hirschi

Komentar sarkastik Anda mungkin juga disalahpahami

KABAR BESUKI - Untuk metode komunikasi yang seharusnya membuat hidup lebih sederhana, SMS masih memiliki banyak kekurangan.

Dan apakah itu berurusan dengan kecelakaan koreksi otomatis yang memalukan atau mencoba memilih jumlah tanda seru yang tepat untuk menyampaikan maksud Anda, meletakkan pikiran dan perasaan Anda ke dalam kata-kata dapat meninggalkan lebih banyak interpretasi dari siapa pun yang menerimanya.

Tentu saja, ini juga termasuk bagaimana Anda menggunakan ikon digital. Sebuah studi baru dari University of Ottawa menemukan bahwa menggunakan emoji negatif dalam pesan teks Anda dapat membuat orang melihat Anda sebagai orang yang negatif.

Baca Juga: Jika Anda Memberi Makan Hewan Peliharaan Anda Makanan Ini, Anda Keduanya Berisiko

Menggunakan emoji negatif dapat memberikan persepsi negatif kepada orang lain tentang Anda

Untuk melakukan penelitian, 38 partisipan relawan membaca pesan dengan kalimat negatif, netral, atau positif dipasangkan dengan emoji negatif, natural, atau positif sambil dipantau gerakan matanya.

Subjek kemudian diminta untuk menilai setiap pesan dan seberapa hangat mereka memandang orang yang mengirimnya. Hasil menunjukkan bahwa meskipun sebuah pesan positif, pengirimnya sering masih dipandang sebagai "downer" jika digabungkan dengan emoji negatif.

"Emoji memiliki konsekuensi dan berdampak pada interpretasi pengirim oleh penerima dan jika Anda menampilkan segala bentuk negatif, bahkan memasangkan emoji positif dengan pesan negatif itu akan ditafsirkan secara negatif," Isabelle Boutet, PhD, Profesor Penuh dalam Psikologi di Fakultas Ilmu Sosial di Universitas Ottawa dan penulis studi tersebut mengatakan.

"Anda akan dianggap sebagai orang yang dingin, dan Anda akan terlihat dalam suasana hati yang negatif saat menggunakan emoji negatif, apa pun nadanya", katanya.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Best Life Online


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x