Lawan Covid-19 Hingga 96%, Vaksin Novavax Bakal Dipakai di Indonesia

- 12 Maret 2021, 19:47 WIB
Ilustrasi vaksin Novavax
Ilustrasi vaksin Novavax /Freepik/freepik

KABAR BESUKI – Muncul lagi vaksin covid yang dibuat oleh Novavax. Keampuhannya mencapai 86 persen efektif untuk mengatasi virus corona varian dari Inggris. Hasil ini diketahui dalam uji klinis tahap akhir yang dilakukan di Inggris.

Tidak hanya itu, vaksin Novavax juga ampuh mencegah infeksi virus corona versi asli hingga pada angka 96 persen.

Dari data gabungan dari orang yang terinfeksi kedua varian virus corona mengungkap bahwa vaksin Novavax secara keseluruhan 90 persen efektif.

Seperti dilansir dari novavax.com, dalam leporan tersebut juga disebutkan bahwa tidak ada kasus penyakit parah atau efek kematian di antara para relawan yang telah disuntikkan vaksin.

Lebih dari 15 ribu orang berusia 18 hingga 84 tahun menjadi relawan dalam uji coba klinis di Inggris.

Baca Juga: Heboh Penerima Vaksin AstraZeneca Alami Penggumpalan Darah, Pemerintah Bersikap Begini

Pada Januari lalu, Novavax telah mengirim data efektifitasnya ke Badan Pengatur Obat dan Produk Kesehatan (MHRA) Inggris.

Hasil analisis akhir uji coba klinis di Inggri sebagian besar sejalan dengan data sementara yang dirilis pada Januari lalu.

Sementara itu, dalam uji coba skala yang lebih kecil di Afrika Selatan, efikasi vaksin Novavax hanya sekitar 55 persen. Tetapi angka tersebut masih memenuhi syarat WHO untuk mencegah penyebaran penyakit dan kematian.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: REUTERS


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah